JAKARTA – Wajahnya masih segar dan semangatnya tetap menggebu saat Suzuki membuka booth-nya di ajang GIIAS 2023 medio Agustus silam. Namun, kabar duka datang dari Subronto Laras.

Pihak Suzuki Indonesia menyampaikan berita duka cita atas meninggalnya tokoh terbaiknya, Komisaris sekaligus Bapak Suzuki Indonesia.

Soebronto Laras, telah berpulang kehadirat Tuhan Yang Maha Esa pada hari Rabu, 20 September 2023 di usia 79 tahun, hanya beberapa pekan menjelang perayaan usia 80 tahunnya yang rencana akan diadakan syukurannya pada 5 Oktober nanti.

Subronto pengusaha sekaligus orang hebat. Sejak Rabu malam, karangan bunga berjejer rapi memenuhi area jalan rumahnya di Jalan Bonang, kawasan Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat.

“Semoga kepergian beliau meninggalkan banyak cerita dan kesan yang baik bagi keluarga besar Suzuki serta rekan-rekan Media. Semoga beliau ditempatkan di sisi terbaik, dan bagi keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan,” demikian harapan resmi dari Suzuki.

Baca juga :  Dorong Kemajuan Industri, ExxonMobil Edukasi Pentingnya Penggunaan Pelumas

Lahir di Jakarta, sejak kecil, Subronto sudah menunjukkan ketertarikannya pada dunia otomotif. Antara lain mengisi waktu senggangnya menjadi pebalap motor pada masa remaja.

Subronto memulai keseriusannya terhadap dunia otomotif dengan melanjutkan studi rekayasa mesin di Paisley College for Technology, Inggris. Kemudian, beliau melanjutkan studinya di Hendon Collage sebagai Sarjana Administrasi Bisnis pada tahun 1972.

Suzuki Indonesia memulai tahun pertamanya dengan memproduksi sepeda motor A100 dan FR70. Baru di tahun 1976, Soebronto Laras sebagai Presiden Direktur PT Indomobil Utama memulai gebrakan baru dengan mengenalkan mobil legendaris Suzuki Indonesia yaitu Carry ST20 yang akrab di masyakarat Indonesia.

Baca juga :  Ikut Perangi Corona, Wartawan Otomotif Serahkan Donasi Seragam Medis

Melanjutkan karirnya di industri otomotif, selama menjabat menjadi Direktur Utama PT Indomobil Sukses Internasional periode 1982 hingga 2002 silam, Soebronto Laras juga pernah menjadi Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), bahkan selama dua periode.

Beliau pertama kali memimpin Gaikindo periode 1985-1987. Pada periode berikutnya (1988-1990), Soebronto Laras kembali dipilih sebagai Ketua Umum Gaikindo.

Soebronto Laras terus mengembangkan karirnya melalui jabatannya sebagai Presiden Direktur PT Indomobil Suzuki Internasional (yang kini berubah nama menjadi PT Suzuki Indomobil Motor) sejak 1990 hingga 2008 lalu.

Di tahun 2002, beliau juga menjabat sebagai Komisaris Utama PT Indomobil Sukses Internasional hingga saat ini.

Nama beliau masih tercatat juga sebagai Komisaris PT Suzuki Indomobil Motor sejak 2014 silam, dan Wakil Presiden Komisaris PT Jurnalindo Aksara Grafika (Bisnis Indonesia) hingga sekarang.

Baca juga :  Kemenperin Fasilitasi Industri Pelumas Melalui Pameran Industri 4.0

Sejak kemunculan Suzuki Carry ST20 di awal perjalanan Suzuki Indonesia, Soebronto Laras bersama seluruh pihak yang terlibat dalam keluarga Suzuki Indonesia, terus mengembangkan produksi mobil, sepeda motor, serta outboard-motor (OBM), dan memberikan layanan aftersales yang terbaik hingga saat ini.

“Kedepannya, Suzuki Indonesia akan meneruskan semangat Soebronto Laras untuk terus menyuguhkan produk-produk yang kompetitif dengan kualitas terbaik untuk pasar Indonesia,” tandas Suzuki Indonesia. [Po/Mir]