JAKARTA – Pesona Yamaha Fazio 125 Hybrid memang menjadi daya tarik kaum millennial. Yup, desain, pilihan warna serta fitur yang ditawarkan membuat motor skutik ini selalu menarik untuk menemani aktifitas sehari-hari.

Yamaha Fazio 125 Hybrid resmi diluncurkan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manifacturing (YIMM) awal tahun 2022 lalu. Kehadirannya langsung menghebohkan pasar skutik 125 cc. bukan tanpa alasan, selain desain yang menarik, embel-embel ‘Hybrid’ membuat banyak konsumen penasan dengan skutik ini.

Nah, kebetulan team dari Pojokoto.com mendapat kesempatan menjajal Yamaha Fazio 125 Hybrid ini selama 2 minggu. Mau tahu seperti apa sensasi mengendarai skutik yang dibanderol mulai dari Rp 21,8 juta ini? Simak ulasannya berikut ini.

Performa Mesin Mumpuni

Yamaha Fazio 125 Hybrid mengadopsi mesin 125 cc, 1-silinder, SOHC, pendingin udara, dan berpengabut injeksi. Di atas kertas, tenaga maksimalnya 8,3 dk pada 6.500 rpm dan torsi puncak 10,6 Nm di 4.500 rpm.

Baca juga :  Keseruan Aktivitas bLU cRU Indonesia, Rasakan All New R15 Connected

Mesin itu dipadukan dengan sistem hybrid yang menawarkan efisiensi bahan bakar dan akselerasi yang lebih cepat.

Adapun sistem kerjanya dalam kondisi normal komponen baterai berfungsi untuk menghidupkan sepeda motor. kemudian setelah motor menyala, daya baterai akan dicharge kembali oleh komponen Smart Motor Generator (SMG) pada Electric Power Assist Start (EPAS) dari daya baterai.

Fungsi yang bisa dirasakan secara langsung adalah tarikan awal mesin selama 3 detik pertama lebih responsive berkat adanya 2 sumber tenaga dari mesin konvensional dan EPAS.

Desain Stylish

Baca juga :  Motor New Retro Asal Austria Brixton di Bandrol Rp 29 Juta di IMOS

Jika dilihat sekilas tampak samping, bodinya mengingatkan pada Yamaha QBIX yang sempat ramai di Indonesia tahun lalu. Yakni berbentuk kotak di sisi kiri dan kanannya.

Area footrestnya sengaja didesain rata untuk akomodasi penyimpanan. Menariknya, kesan modernnya terlihat dari penggunaan teknologi LED pada headlamp dan stoplamp, meski lampu sein masih mengusung bohlam konvensional.

Fitur Modern

Menyandang sebagai skutik modern, Fazio hadir dengan menyuguhkan berbagai fitur yang modern dan mumpuni. Terlihat dari adanya fitur full digital speedometer, Y Connect, Smart Key System, electric power socket, dan one push start.

Ada pula fitur Stop & Start Sytstem (SSS) dan Smart Motor Generatrion (SMG). Fitur ini dibuat untuk menghemat bahan bakar. Nah, berkat kombinasi fitur SSS dan SMG tersebut suara mesin jadi lebih halus saat pertama kali dinyalakan. Setelah mesin menyala, generator berfungsi untuk melakukan pengisian baterai atau aki. Canggih bukan?

Baca juga :  AHM Berikan Sentuhan Warna Baru Pada Honda New CB150 Verza

Pilihan Warna dan Harga

Yamaha Fazzio 125 Hybrid ditawarkan dalam 2 varian. Yang pertama adalah varian Connected Neo dengan pilihan warna Neo Cyan, Neo Red, Neo Black, dan Neo Beige. Banderolnya dijual Rp 21,8 juta OTR wilayah Jakarta.

Kemudian, Varian kedua tampil dengan kelir lebih premium atau yang dinamakan sebagai Fazio Hybrid Lux. Pilihannya hanya ada 2 warna yakni Prestige Silver dan Matte Black dijual seharga Rp22 juta.

Harga ini termasuk kompetitif untuk konsumen yang ingin mencari skutik 125 cc dengan beragam fitur teknologi Yamaha yang kekinian.[Po/us]