JAKARTA – Mengganti oli mesin merupakan salah satu perawatan yang paling umum dilakukan pada sepeda motor. Pernahkah Anda memeriksa kapan terakhir kali oli mesin sepeda motor Anda diganti? Penting untuk tidak mengabaikan perawatan ini, karena jarang mengganti oli mesin dapat berisiko.

Menurut Wahyu Budhi, seorang Training Analyst dari PT Wahana Makmur Sejati (WMS), berikut adalah beberapa risiko yang dapat timbul jika jarang mengganti oli mesin:

1. Oli Lebih Cepat Berwarna Hitam

Warna hitam pada oli dapat disebabkan oleh kerak dari sisa pembakaran yang bercampur dengan oli. Jika tidak rutin diganti, cairan oli akan menjadi sangat encer dan tidak layak untuk digunakan kembali.

Baca juga :  Honda Wahana Perkenalkan "WANDA" Personal Asisten Bagi Setiap Konsumen

2. Komponen Berusia Pendek

Perawatan rutin, termasuk penggantian oli, dapat memperpanjang usia sejumlah komponen sepeda motor, seperti mesin. Kekentalan oli akan menurun seiring waktu, yang dapat menyebabkan berkurangnya kualitas pelumasan dan meningkatkan gesekan antar komponen.

3. Mesin Terlampau Panas

Oli tidak hanya berfungsi sebagai pelumas tetapi juga membantu mendinginkan mesin. Jika jarang diganti, fungsi pendinginan mesin dari oli juga berkurang, menyebabkan panas berlebih pada mesin.

4. Kurang Nyaman

Baca juga :  Wahana Eco Movement Wujud Nyata dalam Melestarikan Bumi

Getaran yang dirasakan saat menaiki sepeda motor akan lebih terasa jika oli jarang diganti, membuat pengalaman berkendara menjadi kurang nyaman.

5. Boros BBM

Oli yang jarang diganti dapat mengakibatkan berkurangnya volumenya dan peningkatan gesekan antar komponen. Hal ini menyebabkan mesin bekerja lebih berat dan memerlukan lebih banyak konsumsi bahan bakar.

6. Biaya Lebih Besar

Boros bahan bakar berarti biaya yang lebih besar. Komponen yang lebih cepat rusak karena jarang mengganti oli juga dapat menyebabkan pengeluaran biaya tambahan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk rutin mengganti oli sepeda motor. Konsumen setia motor Honda sangat dianjurkan untuk merawat sepeda motor mereka di bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS).

Baca juga :  Wahana Gelar Workshop Konten Kreatif Bagi Blogger dan Vlogger

Melakukan pemeriksaan dan perawatan motor secara rutin di bengkel AHASS dapat menjaga agar seluruh fitur dan komponen sepeda motor tetap berfungsi secara optimal.[Po/Byn]