MALAYSIA – Pembalap Monster Energi Yamaha, Maverick Vinales menyelamatkan muka Yamaha di ajang balap MotoGP 2019. Di Sirkuit Sepang Minggu (3/11), Vinales tampil sebagai juara dengan menyingkirkan jagoan Honda Marc Marquez.

Gelar juara ini menjadi persembahan kedua dari Vinales untuk Yamaha. Yang pertama disabetnya pada MotoGP Belanda Juni lalu. Dengan demikian, Yamaha mengoleksi dua gelar juara seri di musim 2019. 

Gelar ini masih bisa bertambah, karena MotoGP masih menyisakan satu seri lagi di Valencia 17 November 2019. Yamaha masih berharap, Vinales maupun Fabio Quartararo bisa menambah gelar.

Kemenangan Vinales cukup berarti mengingat Ducati sudah mengoleksi tiga gelar dan Suzuki sama dengan Yamaha, dua gelar. Honda mendominasi dengan 10 gelar yang membuatnya kembali menjadi juara konstruktur 2019.

Baca juga :  Akhir Musim Ini, Ferrari Resmi Tendang Vettel

Di Sepang, Vinales yang menempati start kedua, langsung memimpin balapan setelah melewati Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) dan Jack Miller (Pramac Racing) pada lap pertama. 

Dia melaju cukup kencang hingga menjaga jarak cukup jauh dari pembalap di belakangnya. Marc Marquez juga melakukan manuver sangat bagus. Dari posisi start ke-11, dia sudah menempati posisi kedua di lap kedua dan bertahan hingga akhir.

Hal yang sama dilakukan oleh pembalap Ducati, Andrea Dovizioso. Membalap dari posisi 10, Dovi dengan sabar menembus tiga besar. Valentino Rossi terus menguntitnya dan finish di posisi 4. Pemilik pole position, Fabio Quartararo terlempar jauh ke belakang dan finish di posisi ke-7.

Baca juga :  Demas Agil Pertahankan Tren Podium Toyota Gazoo Racing Indonesia

“Sungguh balapan yang menakjubkan. Kami mempersiapkan balapan dengan sangat baik akhir pekan ini. Saya merasa punya potensi besar sejak lap pertama, dan mengambil alih pimpinan balap setelah dua sektor. Sejak itu saya sangat ngotot,” ujarnya kepada reporter MotoGP, Simon Crafar, di parc ferme.

Kemenangan Vinales juaga bagaikan balas dendam yang sempurna. Pasalnya, sepekan sebelumnya di MotoGP Phillip Island, Vinales yang juga memimpin balapan gagal menang usai tersalip oleh Marc Marquez dan terjatuh pada lap terakhir yang membuatnya gagal finis.

Baca juga :  Menang Balap, Boss Yamaha Donasikan Hadiah Buat Yatim

Dengan spesial Vinales mendedikasikan kemenangannya untuk rider muda Indonesia, Afridza Munandar, yang meninggal dunia akibat kecelakaan dalam balapan pertama Idemitsu Asia Talent Cup pada Sabtu (2/11/2019). [PO/Haz]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *