BELANDA – Yamaha harus menunggu hingga seri ke-8 MotoGP untuk merasakan juara di musim 2019. Maverick Vinales akhirnya menguatkan tim Yamaha, bahwa pabrikan berlogo garputala ini masih mejadi salah satu tim kuat di ajang balap MotoGP.

Sejauh ini Yamaha baru bisa menyentuh tiga kali podium 2 melalui Valentino Rossi sebanyak dua kali yakni di MotoGP Argentina dan MotoGP Americas. Lama kosong, podium kedua datang dari pembalap tim satelit yakni Fabio Quartararo di MotoGP Catalan.

Sementara Honda sudah mencatatkan empat kali kemenangan melalui Marc Marquez. Ducati sudah mengemas dua kali juara seri lewat Andrea Dovizioso serta Danilo Petrucci. Dan Suzuki sudah duluan meraihnya bersama Alex Rins.

Baca juga :  Aprilia Racing Resmi Meluncurkan RS-GP24 untuk Musim Balap 2024

Bagi Vinales sendiri, prestasi menjuarai MotoGP Belanda bukan hanya mengembalikan Asa untuk Yamaha, tetapi juga bagi dirinya sendiri. Maklum saja, sepanjang 8 seri yang sudah berjalan, ptestasinya kurang bersinar.

Vinales hanya mampu menggapai podium ketiga saat MotoGP berlangsung di kampung halamannya di Jerez pada seri ke-4. Dalam kurun ini, Vinales sudah tiga kali tak bisa finish, dengan insiden terbesar saat terjatuh akibat dihantam motor Jorge Lorenzo di MotoGP Catalunya.

Baca juga :  Kontrak Baru, 4 Musim Marc Marquez Mantap Bersama Honda

Sengit Menuju Podium

Di MotoGP Belanda, Vinales yang start dari posisi dua. Balapan berlangsung seru hingga menjelang 10 lap terakhir, terjadi adu kuat antara Quartararo, Vinales dan Marquez. Vinales dan Marquez sempat mengambil alih pimpinan balap.

Selanjutnya, persaingan menuju podium satu terjadi antara Vinales dan Marquez. Saling slaib terjadi. Dua lap menjelang balapan berakhir, Marquez bersama Yamaha M1 menunjukkan dominasinya dengan jarak lumayan jauh dari Marquez.

Quartararo berhasil menempati podium tiga mengulang sukses podium berturut-turut baginya. Posisi 4 ditempati pembalap Ducati, Andrean Dovizioso dan Franco Morbidelli dari Petronas Yamaha melengkapi lima besar.

Baca juga :  Andre Irawan Raih Podium ETCC 3000 Master Berkat Skill Balap Rally

Sementara itu, Rossi gagal finish setelah terjatuh saat mengejar rombongan depan di lap lap awal. Gelaran MotoGP selanjutnya bakal berlangsung di Jerman, Minggu, 7 Juli 2019. [PO/Haz]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *