JAKARTA – PT Indomobil Sukses Makmur Tbk dikabarkan telah secara resmi mengakuisisi perusahaan mobil asal Korea Selatan (Korsel) KIA Indonesia masuk ke dalam jajaran grupnya.

Pengambilalihan penjualan KIA di Indonesia ini setelah Indomobil selesai melakukan proses pembuatan perusahaan patungan bersama PT Sarimitra Kusuma Ekaja (SKE), hasil dari perusahaan patungan yang terbentuk tersebut adalah PT Kreta Indo Artha (KIA).

Informasi tersebut tertuang dalam Surat Keterbukaan Informasi pasar model, tertanggal 21 Mei, menyebutkan telah terbentuk perusahaan patungan PT Kreta Indo Artha (KIA), sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan dan industri kendaraan bermotor roda empat atau lebih.

Baca juga :  Berikut 6 Tips Motor Aman Terhindar dari Pencurian

Presiden Komisaris PT Indomobil Sukses International Tbk, Subronto Laras (26/6), mengatakan alasan Indomobil mengambil KIA untuk pengembangan industri. Selama ini, KIA masih mengandalkan impor saat menjual mobilnya di Indonesia.

“Cuma karena kita fokus untuk industri, tidak hanya impor, dan kita lihat KIA ini cukup bagus masih ada peluang untuk memproduksi di Indonesia,” ujar Subronto.

Dikatakan dalam surat tersebut, KIA sendiri mendapat suntikan modal dasar sebesar Rp 100 miliar, dengan modal ditempatkan dan disetor senilai Rp 25 miliar.

Baca juga :  Yamaha Sempurnakan Program Pendidikan Vokasi Agar SMK Makin Hebat

Hasil dari pengambilalihan Indomobil terhadap KIA, membuat Saham Indomobil naik hingga 12% di dalam Bursa Efek Indonesia.

Seperti diketahui penjualan mobil KIA di Indonesia selama ini sebagian besar masih mengandalkan produksi dari negara asalnya Korsel (build-up) atau impor dari hasil produksi yang terdapat di Malaysia. hanya terdapat beberapa tipe yang dirakit lokal, diantaranya, KIA New Pride, Picanto, Big Up dan Sportage. [Po/Ajr]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *