AUSTRIA – Gelar juara impian Marc Marquez di MotoGP Austria tinggal di depan mata. Namun nasib berkata lain. Hanya beberapa meter menjelang garis finish, di tikungan terakhir Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Andrea Dovizioso melakukan take over yang cantik hingga membawanya menjadi juara seri Austria 2019.

Kemenangan pada race day Minggu (11/8) tersebut menjadi juara seri yang kedua bagi Dovi. Sebelumnya, pembalap Mission Winnow Ducati ini menjadi juara pada seri pembuka di Moto GP Qatar. Cukup panjang penantiannya untuk menjadi juara lagi meski kerap mengisi podium dua maupun tiga.

Baca juga :  Marc Marquez Akui Alex Rins Akan Jadi Pesaing Ketat di Musim Ini

Bagi Marquez kekalahan di ujung balapan ini terasa amat menyedihkan. Pasalnya pembalap Repsol Honda Team ini belum pernah mencicipi gelar juara di Austria sejak membalap di kelas utama enam tahun belakangan. Struktur sirkuit ini memang tak bersahabat dengan sepeda motor Honda.

Sebetulnya dia berpeluang besar untuk melakukan pecah telur di MotoGP Austria 2019 dengan status sebagai pemilik pole position dan membalap di urutan pertama. Meski sempat melorot di awal lomba hingga posisi lima, namun dengan lihai Marquez bisa menembus ke depan.

Sejak lap keenam, drama saling susul dihadirkan Marquez bersama Divizioso. Namun dominasi Marquez di sirkuit dipatahkan oleh Dovizioso di tikungan terakhir. Dovi sukses mencuri posisi pertama hanya beberapa detik menjelang finish.

Baca juga :  Konsistensi Sepanjang Musim, Kunci Marquez Jadi Juara MotoGP 2019

Dovizioso menyebut, kunci kemenangannya terletak pada agresivitas di tikungan terakhir. “Kunci kemenangan dalam balapan ini adalah tikungan terakhir dan saya harus mencobanya,”

Fabio Quartaroro (Petronas Tech3) yang sempat memimpin balapan sesaat, meraih podium ketiga. Di belakanganya menyusul dua pembalap Monster Energy Yamaha Valentino Rossi dan Maverick Vinales.

Hasil balap di MotoGP Austria 2019 tak berdampak banyak pada klasemen sementara pembalap. Marquez masih mendominasi di puncak dengan raihan 230 poin. Dia unggul cukup jauh dengan Dovizioso di posisi kedua hingga 58 poin.

Baca juga :  Setelah 11 Tahun yang Indah, Marc Marquez Tinggalkan Honda

Balapan MotoGP 2019, masih menyisakan delapan seri. Race selanjutnya akan berlangsung di MotoGP Inggris, dua pekan mendatang. [PO/Haz]

Hasil Balap MotoGP Austria 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *