JAKARTA – Generasi muda saat ini masih jauh dari kata melek soal aman berkendara. Demi Gen Z aman bermotor, Astra Honda hadirkan Safety Riding Lab di Tasikmalaya.

Gebrakan menumbuhkan budaya berkendara aman di Indonesia boleh dikatakan masih jauh dari harapan. Karena itu, pemerintah berharap ada dukungan dari berbagai pihak untuk mewujudkan melek safety riding Indonesia.

Komitmen tinggi untuk kebutuhan pelatihan safety riding ini terus dilakukan PT Astra Honda Motor bersama jaringan main dealernya se-Indonesia.

Yang terbaru, Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) meresmikan Safety Riding Lab (SRL) Astra Honda ke-7 di SMK Negeri 4 Tasikmalaya, Jawa Barat (20/5). Peresmian lab ini disambut keceriaan sekitar 180 siswa SMK tersebut.

Bertepatan pada Hari Kebangkitan Nasional, perluasan komitmen Yayasan AHM ini menjadi momentum berharga bagi Gen Z yang memiliki semangat dalam mendukung hadirnya keselamatan berkendara yang aman dan nyaman di kalangan generasi muda.

Sebagai wujud komitmen dalam kampanye keselamatan berkendara di Tanah Air, Yayasan AHM memberikan dukungan fasilitas sebagai wadah edukasi keselamatan berkendara yang akan digunakan oleh para duta safety riding di sekolahnya.

SRL Astra Honda terbaru ini diresmikan langsung oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XII Provinsi Jawa Barat Dedi Suryadin, S.Pd., M.Pd. dan Kasat Binmas Polres Kota Tasikmalaya AKP Dede Tarmand S.H.

Baca juga :  Ratusan Sepeda Motor Kembali Dihibahkan AHM untuk Dunia Vokasi

Juga Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin, Chief Operating Officer PT Daya Adicipta Motora Lerri Gunawan sebagai main dealer sepeda motor Honda wilayah Jawa Barat, serta Kepala SMK Negeri 4 Tasikmalaya Kurniawan, S.Pd., M.Pd.

Kehadiran SRL Astra Honda menjadi wahana kegiatan edukasi keselamatan berkendara yang dilakukan secara menyenangkan dan atraktif serta mudah diterima oleh para peserta didik di institusi pendidikan yang sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia.

Dalam mendukung kegiatan edukasi keselamatan berkendara, Yayasan AHM melengkapi SRL Astra Honda dengan tiga zona utama yakni Zona Audio-Visual, Zona Simulasi dan Zona Praktik.

Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan SRL Astra Honda merupakan langkah konkret dalam mengampanyekan keselamatan berkendara di kalangan generasi muda.

“Kami berharap keberadaan SRL Astra Honda di sekolah dapat meningkatkan kesadaran keselamatan berkendara yang semakin luas serta berdampak. Para duta safety riding menjadi garda terdepan dalam keselamatan berkendara yang terus kami bekali dengan kompetensi yang kuat untuk menjadi panutan bagi generasi muda di lingkungan sekitarnya,” ujar Muhib.

Pada Safety Riding Lab Astra Honda, terdapat Zona Audio-Visual yang digunakan untuk area berdiskusi serta penyampaian materi edukasi. Beragam cara kreatif digunakan untuk mengkomunikasikan teknik dan etika berlalu lintas, salah satunya melalui video kreatif kekinian yang dibuat para anak muda dari berbagai wilayah Indonesia.

Baca juga :  AHM Salurkan Bantuan Hadapi Pandemi untuk Pegiat Budaya

Selain itu, zona ini juga menfasilitasi berbagai gagasan yang menginspirasi berupa karya tulis, foto dan video untuk generasi muda lainnya agar semakin peduli terhadap keselamatan berkendara.

Sementara itu, Zona Simulasi didesain tiga dimensi layaknya pengendara di jalan raya yang dilengkapi media simulator berupa Honda Riding Trainer (HRT). Tidak kalah menarik, Zona Praktik didesain dengan mengacu pada Peraturan Kapolri nomor 2 tahun 2023 tentang Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi untuk pengendara sepeda motor.

Zona Simulasi dan Praktik berfungsi sebagai area praktik berkendara yang lengkap dengan berbagai kondisi rintangan jalan dan rambu-rambu lalu lintas untuk menambah kemampuan berkendara para peserta didik.

“Kami menyambut positif dibangunnya fasilitas SRL Astra Honda di sekolah kami. Tentunya edukasi yang akan dilakukan oleh para duta keselamatan berkendara dapat menginspirasi generasi muda dalam mengkampanyekan keselamatan berkendara di jalan raya,” ujar Kurniawan.

Pembangunan SRL Astra Honda di SMK Negeri 4 Tasikmalaya menambah jumlah SRL lainnya yang sudah lebih dulu yaitu di SMK Mitra Industri MM2100 Jawa Barat, SMK Walisongo Menes Banten, SMK Panca Abdi Bangsa Binjai Sumatera Utara, SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen Malang Jawa Timur, SMA Negeri Bali Mandara dan SMK Negeri 1 Bulakamba Brebes Jawa Tengah.

Baca juga :  Shell Umumkan Enam Finalis Terpilih Kompetisi Think Efficiency 2019

Cara Asyik Belajar

Selain membangun Safety Riding Lab Astra Honda, Yayasan AHM juga berkesempatan mendukung terwujudnya SDM unggul dalam keselamatan berkendara melalui Astra Honda Berbagi Ilmu.

Kegiatan ini dikemas dengan cara kekinian dan disambut antusias sekitar 180 siswa SMK. Mereka secara aktif mengikuti kegiatan yang diisi oleh para praktisi di bidang safety riding hingga social media.

Pada kegiatan ini Yayasan AHM memberikan pengetahuan terkait safety riding awareness, safety devices, social media management, serta teknik berkendara yang aman dan nyaman. Kegiatan role play dan diskusi interaktif menambah keseruan peserta untuk saling berbagi pengalaman guna memperkaya wawasannya.

Rangkaian kegiatan ini didukung oleh mitra yang bersinergi seperti PT Hitachi Astemo Bekasi Manufacturing, PT Musashi Auto Parts Indonesia, PT Suryaraya Rubberindo Industries dan PT Yutaka Manufacturing Indonesia. {PO/Mir}