PALEMBANG – Para pengguna sepeda motor harus mengerti komponen-komponen yang ada pada sepeda motornya dan bagaimana merawatnya secara sederhana. Salah satunya, adalah kaliper rem pada sepeda motor.

Kaliper Rem merupakan salah satu komponen yang penting pada sepeda motor. Kaliper rem berfungsi sebagai mekanis atau penggerak sistem rem cakram. 

Karena itu, pengendara perlu melakukan perawatan kaliper rem agar mendukung sistem pengereman motor sehingga turut menjaga keselamatan berkendara.

Baca juga :  Penting buat Bikers, Begini Cara Rawat Rantai Roda Sepeda Motor

Main Dealer Yamaha PT. Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu) memberikan tips menarik dan mudah seputar perawatan kaliper rem. Begini caranya!

1. Cek jalur masuk minyak rem

Pastikan tidak ada minyak rem yang bocor atau yang merembes pada jalur minyak rem. Karena jika terdapat kebocoran, rem tidak berfungsi dengan maksimal. Serta membahayakan pengendara ataupun orang lain.

2. Kampas rem

Selalu rutin cek kondisi ketebalan kampas rem, jangan sampai melebihi batas aman dengan cara melihat cukup dekat ke bagian kaliper rem. Kami rekomendasikan untuk mengganti kampas rem setiap 25.000 km atau setiap satu kali dalam setahun.

Baca juga :  Jika Kendaraan Terjebak Banjir, Lakukan Ini Agar Aman Klaim Asuransi

3. Jaga kebersihan komponen-komponen yang ada pada kaliper

Selalu rutin untuk menjaga kebersihan dan komponen pada kaliper, untuk merawatnya Anda bisa menggunakan air yang bertekanan cukup agar debu dan kotoran bisa hilang.

4. Rutin service berkala

Lakukan perawatan rem cakram motor secara rutin minimal satu kali dalam sebulan untuk mendapatkan manfaat dan fungsi yang maksimal. {PO/Haz}