JAKARTA – Bukan melulu urusan bisnis, namun Wahana Artha Group melalui Yayasan Wahana Artha (YWA) juga menyalurkan bantuan sosial (Bansos) untuk masyarakat. Nilainya, cukup besar, kurang-lebih Rp1 miliar sepanjang tahun 2023.

Dalam keterangannya pada Rabu (17/1/2024) pihak Yayasan menjelaskan, Bansos Wahana tersebut terangkum dalam agenda corporate social responsibility (CSR) Wahana Artha Group (WAG).

YWA merupakan lembaga nirlaba WAG yang berfokus di empat pilar, yaitu pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan pemberdayaan masyarakat. Komitmen keempat Pilar ini menjadi patokan dalam segala aksi sosial yang dilakukan.

Yayasan ini juga berafiliasi dengan sejumlah group bisnis milik Wahana Artha. Antara lain main dealer sepeda motor Honda Jakarta-Tangerang, Wahana Makmur Sejati atau Wahana Honda yang berkantor pusat di Jl. Gunung Sahari, Jakarta Pusat.

Baca juga :  3 Tahun Ojek Online, Tunaikan Nazar Umroh dengan Istri & Berjaket Gojek di Tanah Suci

Hampir 73 ribu penerima manfaat di Baksos Wahana

Ada rasa bahagia lain yang diutarakan dalam laporan Bansos Wahana ini. Pasalnya nilai bantuan sosial YWA sekitar Rp1 miliar pada tahun 2023 lebih tinggi 11 persen dibandingkan penyaluran pada tahun 2022.

Ketua YWA sekaligus Head of CSR PT Wahana Makmur Sejati (WMS), salah satu anak perusahaan WAG, Vica Vayerawita mengungkapkan, Bansos Wahana sekitar Rp1 miliar digunakan untuk beragam kegiatan sosial.

“Untuk pembagian sembako, donasi korban kebakaran, berbagi makanan sehat, fasilitas kesehatan di beberapa posyandu, khitanan massal hingga beasiswa anak yatim-piatu. Kami tiap tahun juga rutin mengadakan pemberian kaki dan tangan palsu serta donor darah,” papar Vica.

Baca juga :  Pertamina Berikan Layanan Gratis Ganti Oli untuk Warga Korban Banjir

“Jumlah keseluruhan penerima manfaat dari Bansos Wahana yang disalurkan pada tahun 2023 hampir 73 ribu jiwa,” tambah Vica.

17 nilai SDG’s

Menurut Vica, Yayasan Wahana Artha menjalankan berbagai kegiatan sosial dengan mengedepankan 17 nilai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

“Selain itu, kami juga melakukan pendekatan pencegahan (preventif) di wilayah-wilayah yang tak hanya dekat, namun juga  jauh dari kantor-kantor operasional kami,” terang Vica.

Program YWA yang dijalankan secara konsisten telah mendapat pengakuan publik. Akhir tahun lalu, YWA menerima penghargaan sebagai Bapak/Bunda Asuh Anak Stunting di Kota Tangerang dari Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang.

Baca juga :  Suzuki Baleno Bukukan Penjualan Positif di Penghujung Tahun 2019

Penghargaan tersebut diberikan karena YWA dinilai aktif terlibat dalam percepatan penurunan angka stunting di wilayah Kota Tangerang.

“Beragam program yang dijalankan oleh Yayasan Wahana Artha adalah bukti komitmen WAG untuk hadir dan bermanfaat bagi orang banyak sesuai dengan nilai yang ditanamkan para pendiri WAG dan Program Sinergi Bagi Negeri,” tutup Vica. Alhamdulillah…. {PO/Mir}