JAKARTA – Salah satu kawah candradimuka balap Indonesia yakni Astra Honda Racing School (AHRS) merayakan usianya yang ke-9. Lembaga balap besutan PT AHM ini pertama kali dibuka pada 2010 silam dan terus terselenggara hingga tahun kesembilan.

Wadah ini sukses melahirkan pebalap-pebalap andal langganan juara. Para pembalap ini berjaya mulai dari ajang nasional, regional hingga internasional.

Alumni AHRS yang kini membalap di ajang internasional antara lain, Andi ”Gilang” Farid Izdihar yang saat ini berlaga di ARRC Super Sports 600 dan CEV Moto2 European Championship.

Baca juga :  Honda Kembali Lahirkan Pembalap Muda, Seri Pamungkas Astra Honda Racing School 2022 Berakhir di Semarang

 

Lalu ada juga, Gerry Salim sang juara umum ARRC 2017 kelas AP250 yang saat ini berlaga di ajang CEV yang sama dengan Gilang. Mereka adalah alumnus tahun pertama AHRS.

AHRS juga mencetak pebalap berprestasi lainnya seperti Irfan Ardiansyah, Awhin Sanjaya, dan Lucky Hendriansya yang saat ini berlaga di ARRC kelas Asia Production 250 dan bergantian meraih podium.

Alumnus berbakat lainnya adalah Mario Suryo Aji yang saat ini mengikuti semusim balap penuh di ajang CEV Moto3 Junior World Championship.

Baca juga :  Pembalap Astra Honda Raih Podium di Thailand Talent Cup Seri 2

Tahun ini sepeda motor yang digunakan juga baru, yakni Honda NSF100 sebagai motor dengan spesifikasi balap untuk tahap dasar. Selanjutnya, menggunakan Honda NSF250R untuk level penjenjangan lebih tinggi, dan Honda CBR150R untuk mewakili sepeda motor produksi massal.

Honda NSF100 ini mampu memberikan pelatihan berkendara yang hampir sama dengan motor prototipe pada MotoGP. Beberapa pebalap top dunia pun memulai karir balap mereka lewat Honda NSF100, seperti Marc Marquez, Dani Pedrosa, Fabio Di Giannantonio, Kazuki Masaki, sampai Kaito Toba. Selamat ulang tahun AHRS ! [PO/Haz]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *