JAKARTA – Indonesia Motorcycle Show (IMOS) kembali digelar untuk tahun 2023. IMOS 2023 akan digelar 25-29 Oktober 2023. Panitia dari 7Event menjanjikan pameran sepeda motor akbar yang diprakarsai Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI).

Tahun ini, sedikitnya ada dua perbedaan besar dari penyelenggaraan IMOS 2023. Yang paling signifikan adalah, IMOS 2023 tidak lagi digelar di Jakarta Convention Center alias JCC atau Balai Sidang Senayan, Jakarta.

IMOS 2023 berpindah lokasi ke ICE-BSD City, Tangerang persisnya di Hall 10. Di sini, IMOS 2023 akan menempati area pamer dua kali lipat luasnya dibanding di JCC-Jakarta.

“Tempat pameran lebih luas dua kali lipat. Arena outdoor di ICE juga lebih luas agar bisa menghadirkan aneka kegiatan outdoor dengan beragam aktivitas serta hadirnya komunitas,” jelas Sigit Kumala Ketua Bidang Komersial AISI sekaligus Ketua Penyelenggara IMOS 2023.

Baca juga :  Dibuka Jokowi Kamis Pagi Ini, IIMS 2023 Siap Puaskan Otomotif Mania

Satu hal lagi yang berbeda dari IMOS 2023, pameran dua tahunan ini akan dilaksanakan setahun sekali. Melihat semakin antusias dan minat tinggi masyarakat, kata Sigit, membuat IMOS akan hadir setiap tahun dari sebelumnya dua tahun sekali.

Meski begitu akan ada perbedaan di IMOS pada setiap tahunnya. Antara lain, IMOS di tahun ganjil akan dibuat sebagai IMOS +. Sementara pada tahun genap tetap dengan IMOS saja. “Karena konsepnya yang berbeda dan lebih luas, IMOS di tahun ganjil kita sebut dengan IMOS +,” jelas Sigit Kumala.

Pindahnya IMOS ke wilayah yang bisa dikatakan pinggir kota, membawa sebuah tantangan tersendiri. Kata Agus Riyadi dari 7Event, pengalaman di pameran otomotif GIIAS yang telah bertahun-tahun sukses di ICE-BSD bisa pengalaman baru juga bagi IMOS.

Baca juga :  Suryanation Motorland 2019 Siap Menghentak Dunia Custom Bike di Indonesia

Johannes Loman, Ketua Umum AISI mengatakan, IMOS 2923 digelar dalam suasana pertumbuhan industry khususnya sepeda motor dalam kondisi membaik. Tahun 2023, Industri sepeda motor Indonesia, jelas Loman tumbuh cukup signifikan.

Data sepeda motor yang terjual sudah 4.2 juta unit hingga Agustus 2023. Hingga akhir tahun, diperkirakan motor terjual totalnya 5.8 – 6 juta unit. “Semoga dengan penyelenggaraan IMOS, bisa meningkatkan angka ini melebihi 6 juta unit,” harapnya.

Dengan tema Green Indonesia Clean Innovation for Better Life, IMOS 2023 bakal diikuti oleh anggota AISI dan non AISI. Antara lain, PT AHM, Yamaha Motor dan Suzuki Indonesia Sales. Sayang, dua anggota AISI lainnya, yakni Kawasaki dan TVS absen di ajang ini.

Baca juga :  IMOS 2022 Kembali Hadir, Siap Manjakan Pengunjung dengan Promo Menarik

Hadir pula beragam merek motor listrik, apparel dan aksesoris. “Total akan hadir 50 peserta pameran,” ungkap Agus Riyadi.

Pameran pun siap berjalan dengan sukses berkat banyaknya keterlibatan sponsor di IMOS 2023. Antara lain FIF Group sebagai sponsor utama dan Shell sebagai sponsor pendukung.

Untuk tiket, IMOS 2023 bervariasi. Untuk Weekday (Rabu-Jumat) Rp. 35.000, sementara pada weekends (Sabtu-Minggu) Rp. 50.000. “IMOS 2023 menyiapkan banyak hadiah dengan hadiah nutama grand prizes, dua sepeda motor sport,” Tandas Agus. {PO/Mir}