JAKARTA – Usai meluncurkan KLX 230 pada tanggal 23 Mei lalu, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) kali ini menantang para jurnalis otomotif untuk melakukan test ride KLX 230 produksi Indonesia yang juga diekspor hingga ke Amerika Serikat.

Demi menjawab rasa penasaran awak jurnalis, test ride KLX 230 digelar dua sesi, on road (aspal) dan off road (tanah). Wajar saja, motor ini memang mengusung konsep dual purpose.

Posisi riding memang cukup tinggi, karena motor ini memang berjenis trail. Untuk tinggi rata-rata 170 cm, masih bisa merasakan kenyamanan berkendara dengan motor yang mengusung mesin 233 cc 1 silinder SOHC 2-klep, pendingin udara dengan transmisi 6 percepatan.

Baca juga :  Mengusung Basis Lama, Ini Detail Ubahan W175 CAFE 2019

Mengendarai Kawasaki KLX 230 di jalanan aspal, rasanya tidak ada yang harus diperdebatkan.

Kawasaki KLX 230 cocok untuk kalian yang ingin menggunakan motor trail untuk aktifitas sehari-hari di perkotaan.

Tarikan mesin begitu responsif, akselerasi mantap sesuai dengan ekspektasi. Jauh lebih menyentak dibanding menggunakan versi 150 cc.

Yang paling mengesankan, handling KLX 230 sangat nyaman sehingga membuat pengendara begitu leluasa untuk bermanuver.

Beralih ke trek Offroad, pihak KMI memang mewajibkan jurnalis menggunakan tools lengkap seperti helm dan sepatu standar kompetisi motocross.

Baca juga :  Meluncur R25 Varian ABS, Harga Lebih Tinggi Rp 5 Jutaan

Tujuannya tentu untuk alasan safety. Pasalnya trek yang disediakan kategori semi motocross dengan beberapa handycap yang cukup menuntut skill.

Redaksi Pojokoto.com berusaha untuk tidak melewati batas kemampuan. Beberapa putaran awal kami mencoba beradaptasi dengan trek dan pindah gigi dengan sepatu crosser.

Hingga sudah merasakan feeling yang cukup oke. Barulah sesekali kami mencoba performa di lintasan offroad Paramount, BSD.

Secara keseluruhan, motor KLX 230 versi standar pun terasa sangat mumpuni menaklukkan handy cap yang ada. Pantas saja KMI memfasilitasi test ride di jalur offroad karena memang motor ini sangat “worth it” menggaruk tanah, bahkan terbang lalu mendarat dengan empuk.

Baca juga :  Keseruan Aktivitas bLU cRU Indonesia, Rasakan All New R15 Connected

So, kesimpulannya buat kalian yang senang bertualang, motor ini cukup recomended. Buat on road asik, di trek offroad apalagi. [po/rst] 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *