JAKARTA – Crosser Indonesia, Delvintor Alfarizi, siap menjalankan debut perdana di ajang tertinggi balap sepeda motor off-road, FIM Motocross World Championship (MXGP) 2023 kelas MX2 pada akhir pekan ini di Teutschenthal, Jerman. Selepas penyembuhan cedera, crosser muda binaan PT Astra Honda Motor (AHM) ini akan memberikan kemampuan terbaiknya untuk menghadapi puluhan crosser tangguh dari manca negara.

Bersama tim JM Racing Astra Honda, Adel yang merupakan sapaan Delvintor, akan berlaga pada putaran kesembilan MXGP kelas MX2 di Teutschenthal, Jerman dalam dua race pada hari Minggu (11/6). Dalam menghadapi laga pertama ini, Adel mempersiapkan diri dengan latihan secara rutin dari sisi teknik balap hingga fisik untuk mendapatkan kembali fisik yang maksimal setelah menghadapi pemulihan selama dua bulan. Pada bulan April lalu, Adel mengalami cidera fibula atau tulang betis kanan saat sesi latihan seri MXGP Swiss sehingga harus beristirahat total dalam proses pemulihan kesehatannya.

Baca juga :  Dukung Delvintor di Ajang Balap Motocross Dunia, Komunitas CRF Gelar Nobar MXGP

“Saya menantikan debut GP pertama saya di akhir pekan ini. Saya sudah kembali sehat dan terus menyiapkan diri selama beberapa minggu terakhir di Belgia. Bersama tim, sekarang saya fokus untuk memberikan kemampuan terbaik untuk meraih hasil yang maksimal saat balap nanti,” ucap Adel.

Adel merupakan crosser pertama dari Indonesia yang berlaga di MXGP 2023 sebagai peserta reguler. Di tahun 2019, dirinya juga pernah menyicipi persaingan MXGP melalui wildcard di seri Indonesia saat masih berusia 17 tahun. Perjuangan Adel mengharumkan nama Indonesia dilakukan melalui pembinaan dari Astra Honda Racing Team (AHRT) bekerjasama dengan tim motorcross berpengalaman tingkat dunia yaitu JM Racing.

Baca juga :  Deretan Driter Top Perkuat Team Achilles di Formula Drift USA 2019

Debut Adel di Teutschenthal, Jerman akan menaklukkan lintasan off-road sepanjang 1,59 km dan berkontur Hard Pack serta bersaing dengan 38 crosser dunia lainnya. Pada sesi kualifikasi yang dilaksanakan pada hari Sabtu (10/6) pukul 21:25 WIB, para pebalap memperebutkan poin serta posisi start dengan menjalani sesi kualifikasi dalam 20 menit + 2 lap.

Sedangkan pada sesi race, Adel akan mengarungi persaingan dalam 30 menit + 2 lap pada race pertama dan pada race kedua 30 menit + 2 lap pada hari Minggu. Balapan MX2 seri kesembilan yang diikuti Adel berlangsung pada pukul 18:15 WIB, dilanjutkan balapan kedua pada 21:00 WIB.[Po/Rls]