JAKARTA – Tahun 2023 menjadi tahunnya Ducati di ajang balap dunia. Seluruh titel juara dunia direbut tim pabrikan asal Italia ini. Ducati jadi raja balap dunia 2023.

Pembalap Ducati menjadi juara dunia MotoGP 2023 melalui Fransesco Bagnaia yang mengendarai Ducati Desmosedici GP bersama tim Ducati Lenovo.

Selanjutnya, tim Ducati menyandingkan gelar juara WorldSBK juga lewat juara bertahan Alvaro Bautista dan kesuksesan pertama Nicolò Bulega di WorldSSP membuktikan filosofi di Borgo Panigale terkait inovasi dan tolak ukur performa tanpa batas.

Benang merah yang menyatukan seluruh kesuksesan musim balap Ducati Corse terletak pada keunggulan teknik yang mengantarkan Desmosedici GP, Panigale V4 R, dan Panigale V2 menjadi motor terbaik di grid pada kejuaraannya masing-masing.

Tidak ada pabrikan sepeda motor lain sebelum Ducati yang mampu memenangkan gelar Juara Dunia Pembalap dan Konstruktor di MotoGP dan WorldSBK selama dua musim berturut-turut.

Baca juga :  Nonton Drifting Intersport Week End Ini, Ada Lomba Foto & Vlog

Bagi Ducati, satu-satunya pabrikan non-Jepang yang mampu meraih gelar Juara Dunia di MotoGP, ini merupakan gelar pembalap ketiga dalam sejarahnya, sedangkan jumlah gelar juara dunia Superbike yang diraih pembalap asal Borgo Panigale adalah sebanyak 16. {PO/Mir}

Berikut dominasi Ducati raja balap dunia, dalam angka di musim 2023:

MotoGP:

17 – Kemenangan yang diraih pebalap Ducati di Kejuaraan Dunia MotoGP 2023 – Rekor Sepanjang Masa di MotoGP

6 – Pembalap Ducati mampu memenangkan setidaknya satu balapan musim ini (Bagnaia, Bastianini, Bezzecchi, Di Giannantonio, Martin, Zarco) – Rekor sepanjang masa di MotoGP

9 – Balapan Kejuaraan Dunia MotoGP 2023 di mana podium seluruhnya terdiri dari pebalap Ducati – Rekor MotoGP

Baca juga :  Sapu Bersih 6 Seri Balapan, Eko Bambang Jadi Raja ETCC 2000 Master

44 – Podium yang diraih pebalap Ducati selama musim 2023 untuk 8 pebalap berbeda (semua pebalap Ducati yang masuk di Kejuaraan MotoGP naik podium minimal satu kali dalam satu musim)

17 – Pole position yang diperoleh pebalap Ducati selama MotoGP 2023 musim

46 – Balapan MotoGP berturut-turut di mana seorang pebalap Ducati menempati posisi 3 Besar (juga semua Balapan Sprint musim 2023 berakhir dengan setidaknya satu pebalap Ducati naik podium)

WorldSBK:

27 – Kemenangan diraih oleh Juara Dunia Alvaro Bautista di musim WorldSBK 2023 – Rekor Sepanjang Masa di WorldSBK

59 – Kemenangan keseluruhan Álvaro Bautista dengan Ducati Panigale V4 R di WorldSBK, menjadikannya pebalap tersukses dalam sejarah Superbike Ducati di depan legenda Carl Fogarty (55) dan Troy Bayliss (52) – Rekor Sepanjang Masa Ducati

Baca juga :  Kompetisi di WSSP300, Ali Adriansyah Berharap Dorna Dapat Kembali Seimbang

45 – Podium yang diraih pebalap Ducati pada balapan Superbike World Championship 2023

79 – Kemenangan WorldSBK diraih Panigale V4 R dari musim debutnya (2019) hingga saat ini

WorldSSP:

16 – Kemenangan diraih Juara Dunia Nicolò Bulega di WorldSSP 2023 musim 33 – Podium diraih pebalap Ducati yang mengendarai Panigale V2 pada balapan World Supersport Championship 2023.