JAKARTA – Wuling Motors telah resmi membuka periode pre-book untuk kendaraan listrik terbarunya, Binguo EV. Acara Pre-Launch yang berlangsung Kamis, (16/11) ini menjadi momen bagi Wuling menghadirkan kendaraan ramah lingkungan kepada masyarakat Indonesia.

Mengikuti jejak sukses Wuling Air EV yang telah mendominasi segmen mobil listrik di Indonesia sedangkan Binguo EV hadir dengan dimensi layaknya city car, dengan menyuguhkan kabin yang lebih lapang dan jarak tempuh yang lebih jauh serta desain eksterior dan interior yang atraktif dan ikonik. 

BinguoEV ditawarkan dengan dua varian jarak tempuh yakni 333 km hingga 410 km yang menyajikan kenyamanan lebih bagi konsumen untuk dapat bepergian jarak jauh bersama kendaraan listrik ini.

Seiring dengan pengumuman periode pre-book, Wuling BinguoEV juga memberikan kesempatan untuk melakukan test drive kepada para rekan jurnalis yang dilakukan pada Jumat (23/11) di Kawasan BSD, Tangerang. 

Dimensi dan Desain

Binguo EV, yang memiliki dimensi panjang 3.950 x lebar 1.708 x tinggi 1.580 mm dengan wheelbase 2.560 mm, menawarkan mobilitas yang ideal untuk aktifitas perjalanan di perkotaan yang sering ramai dan macet. Tampilan Binguo EV memiliki desain modern membuatnya menarik perhatian pencinta otomotif di Indonesia, terutama yang mengincar kendaraan listrik.

Baca juga :  Wuling Binguo EV Pre-Book, Informasi Soal Harga Segera Diumumkan Pasca Peluncuran

Bingo memiliki dimensi yang lebih besar daripada Wuling Air EV yang hanya memiliki panjang 2.974 mm, lebar 1.505 mm, tinggi 1.631 mm, dan jarak sumbu roda 2.010 mm. Selain itu, mobil listrik Binguo EV juga dilengkapi dengan empat pintu. Akibatnya, akses ke jok bagian belakang menjadi lebih luas dan memberikan kenyamanan ekstra bagi penumpang.

Kabin yang Menarik

Dari kencan singkat yang kami lakukan, kabin mobil listrik ini menyuguhkan kesan kendaraan masa kini yang menarik perhatian kaum muda milenial. Paduan warna two tone cokelat dan putih menciptakan suasana interior yang mewah. mengunakan tombol trasmisi yang sederhana. Pergantian transmisi dari P ke N, D, atau R dapat dilakukan dengan mudah hanya cukup memutar pengaturan trasmisi yang berada disebelah kiri pengemudi.

Selain itu, Binguo EV juga memberikan pilihan tiga mode berkendara yang berbeda, mulai dari Eco, Normal hingga performa maksimal (Sport) hanya dengan cukup menekan tombol pengaturan di dasbornya. Sedangkan untuk posisi berkendara, pengemudi dapat menyesuaikan fleksibelitas kenyamanan dengan pengaturan kursi jok elektrik.

Baca juga :  New Pajero Sport Sudah Tersedia di Seluruh Diler Mitsubishi, Segini Harga Resminya

Performa yang Mempesona

Dalam segi performa akselerasi, Binguo EV terbilang cukup memberikan performa baik. Dalam uji coba singkat pada mode Sport, Binguo EV berhasil memukau dengan respons gas yang enteng dan akselerasi yang powerfull dari start hingga saat pedal gas injak full saat pengetesan Binguo EV mampu mencapai kecepatan hingga 102km saat dilakukan pengujian dengan jarak test lintasan sejauh 100m, kecepatan ini tentu bukanlah kecepatan maksimal dengan melihat kondisi test drive berada dilingkungan perumahan. Bila mengacu klaim Wuling Motors, Bingou EV dapat mencapai kecepatan 130km/jam dengan dukungan motor listrik bertenaga 37,9 kWh. terasa cukup powerfullkah ?. 

Fitur Canggih

Wuling Binguo EV menampilkan integrasi antara layar head unit dan panel instrumen, menciptakan tampilan yang tampak menyatu dan memanjang. Layar head unit memiliki dimensi 10.25 inci, sementara layar panel instrumen memiliki ukuran sebesar 7 inci. 

Selain performa, fitur-fitur canggih menjadi nilai tambah. Fitur parking brake otomatis, pemindahan tuas otomatis, airbags, rem ABS dan EBD, Rear Parking Sensor dan Camera, Electric Parking Brake, Immobilizer, Electronic Stability Control, Cruise Control, hingga AC elektronik turut melengkapi keseluruhan pengalaman berkendara dengan Binguo EV.

Baca juga :  Mitsubishi Outlander PHEV Raih Penjualan 200 Ribu Unit Secara Global

Kesimpulan

Meskipun harga resmi belum diumumkan, estimasi menempatkan Wuling Binguo EV akan dipasarkan dalam rentang Rp300-Rp400 jutaan bila mengacu pada harga yang dipasarkan Wuling Air EV yang berkisar pada rentang harga Rp200 – 300 jutaan. Harga Bingou EV tentu tergantung pada pilihan jarak tempuh sesuai kapasitas baterai. 

Setelah menjalani test drive singkat dengan Wuling Binguo EV, kami dapat menyimpulkan bahwa mobil listrik ini menawarkan kombinasi yang menarik antara desain modern, kabin yang lapang, performa powerfull, dan fitur-fitur manarik dan simple.

Selain itu dengan kombinasi kelegaan, inovasi, dan dua tipe pilihan kapasitas baterai untuk jarak tempuh yang berbeda tentu ini menjadi penawaran yang menarik, Wuling Binguo EV menjadi pilihan bagi para pencinta kendaraan listrik yang mencari pengalaman berkendara yang unik dan nyaman.[Po/Byn]