CILACAP – Komunitas Toyota Kijang Innova yang lebih dikenal dengan Innova Community (IC) mengadakan Kopdar Akbar Jawa 2019. IC bekerjasama dengan PT. Toyota Astra Motor, Nasmoco – Cilacap, GS Battery, Garda Oto, BNI, dll melakukan kegiatan touring dan baksos ke Cilacap.

Bertemakan “IC Peduli Pesona Cilacap”, komunitas ini mencoba membantu melakukan workshop pemanfaatan media digital bagi UKM/UMKM di kabupaten cilacap dan pembuatan perpustakaan Digital di SMK Tunas Karya Nusantara di Wanareja Cilacap.

Acara berjalan meriah dengan diikuti lebih dari 318 orang anggota Innova Community beserta keluarga. Hadir juga rekan-rekan diluar komunitas Toyota dengan jumlah kendaraan total 138 Toyota Innova. Kegiatan ini di lakukan  mulai tanggal 20 September hingga 22 September 2019.

21 Chapter yang terlibat dalam kegiatan ini antara lain, Chapter AG Raya, Anjak Lampung Barat, Bandung, Banten Kulon, Bekasi, Bogor, Depok, Disukagadis, Inyong, Jakarta Barat, Jambi, Jawa Timur, Yogyakarta, Lampung, Palembang, Purwasuka, Semawis, Semawis Plat K, Slatanerz dan Tangerang hingga Malaysia.

Bertempat di Nasmoco – Cilacap, kegiatan di awali dengan workshop pemanfaatan media digital bagi UKM/UMKM di kabupaten cilacap. Kegiatan ini dikawal group IC-preaneur yang merupakan  kumpulan anggota Innova Community yang ber-wirausaha. Kegiatan ini bekerjasama dengan 3CM IoT, Google Indonesia dan BNI. 

Baca juga :  Forza Owner Group Indonesia (FOGI), Deklarasinya Mengawal Marquez

Workshop  diikuti oleh sekitar 30 pengusaha UKM/UMKM yang tergabung dalam PAPELING (Paguyuban Pedagang Keliling) Cilacap dan member Ic yang punya usaha. Ternyata banyak penguasaha UKM/UMKM yang masih belum paham mengenai pentingnya media gitial untuk memasarkan dan memperkenal product dan usaha mereka. 

Dengan menggunakan media social, product dan jasa yang dijual oleh UKM/UMKM bisa di pasarkan tidak akan terbatas pada ruang dan waktu” ujar ardiyan selaku praktisi digital marketing dari 3CMIoT. 

Setelah belajar mengenai pemanfatan media social, workshop dilanjutkan olehAndi Dwi Riyanto dari Google Gapura Digital.Pada sesi ini, peserta di ajarkan pemanfaatan Google dalam bisnis melalui fitur Google my business. Sehingga usaha para peserta dapat muncul di setiap produk google, sebagai sarana promosi.

Dengan workshop bagi UKM/UMKM ini diharapakan para pengusaha ini tidak perlu lagi takut untuk bersaing secara langsung dengan bisnis-bisnis kelas atas. Dengan memperkenalan produk yang ingin dipasarkan kepada konsumen dengan strategi yang terstruktur melalui media digital,” ujar Nugraha Reza, Ketua Umum Innova Community.

Baca juga :  Innova Community Tergerak Bantu Korban Banjir Jakarta dan Banten

Kegiatan di lanjutkan dengan IC Kopdar Akbar Jawa 2019. Acara dibuka oleh Kepala Disporapar (Dinas Pemuda Olah raga & Pariwisata) Cilacap, Drs. Heroe Harjanto, M.M mewakili Bupati Cilacap.

Acara diteruskan dengan penyuluhan Safety Driving oleh Kanit  Lantas Polres Cilacap Iptu Iwan Efendi, SH.,MM. Banyak hal penting disampaikan, antara lain mengenai tertib berlalu lintas dan tertib administrasi perpajakan kendaraan. IC mendukung campaign IC GATELL (Gerakan Tertib Lalu Lintas) – No Strobo, No Sirine, No Escort.

Acara masih berlanjut dengan KPA Cilacap lanjut yang memberikan penyuluhan kesehatan mengenai sosialisasi hidup bersama penderita AIDS dan penanggulangan nya.

Momen spesial berikutnya adalah pemotongan tumpeng dan Kue tart dalam rangka hari jadi ke-3 tahun Innova Community Chapter Inyong dan Chapter Yogya. Dalam kesempatan ini diadakan service mobil bersama di Nasmoco Cilacap. Sambil service member menyaksikan bazaar yang didukung oleh Paguyupan Pedagang Keliling Cilacap.

Baca juga :  Komunitas Mobil seBekasi Gelar Donor Darah dan Pembagian Takjil

Kegiatan di tutup dengan Bakti Sosial di pantai Teluk Penyu dengan menyerahkan keranjang sampah kepada pengelola pantai serta CSR Literasi di SMK Tunas Karya Nusantara – Wanareja – Cilacap. 

Innova Community memberikan bantuan berupa pengadaan seperangkat Perpustakaan Digital. Karena tantangan dunia kerja membutuhkan SDM siap pakai, siswa bisa mengakses literasi tentang dunia digital hingga lebih siap kerja setelah lulus SMK.

Kepala Disporapar (Dinas Pemuda Olah raga & Pariwisata) Cilacap, Drs. Heroe Harjanto, M.M menyatakan bangganya Pemda pada Innova Community. “Peserta yang banyak menunjukan animo member IC dan masyarakat Cilacap sangat baik terhadap kegiatan ini. Semoga semua bermanfaat buat kita semua,” ujarnya. [PO/Haz]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *