JAKARTA – Nama Bikers Brotherhood 1% MC (BB1%MC) Indonesia semakin mashur saja. Tiap aktivitasnya selalu menarik dan ditunggu. Begitu pula saat BBMC merayakan HUT ke-31. Tidak disangka-sangka antusias komunitas bikers dan masyarakat ibukota sangat tinggi. 

Dengan nama: Evolution, Still Kickin And Rock N Roll yang dilangsungkan di Eks Bandara Kemayoran pada Sabtu-Minggu, 21-22 September kemarin, event BBMC ini dibanjiri oleh sekitar 10.000 pengunjung.

BBMC adalah sebuah club motor dengan usia cukup tua dengan cikal bakal dan mother chapter-nya ada di Bandung. Barudak motor Bandung ini tampil dengan ciri khas motor klasik Eropa, Amerika dan Jepang dengan cc 400 ke atas.

Perayaah ulang tahun dirancang dalam sebuah konsep acara yang memadukan elemen kultur budaya motor dengan art cultural performance serta para penggiat kreatif lainnya. Alhasil, menjadikan Evolution muncul sebagai warna baru sebuah event motor di Ibukota. 

Tidak ada lagi tembok pemisah di antara para bikers mulai pengguna moge hingga motor-motor berkapasitas mesin kecil termasuk skuter. Dukungan para sponsor ikut memeriahkan event ini.

Antara lain, Suryanation, FWD Life, CNAF (CIMB Niaga Auto Finance), Perbakin, Anak Elang Harley-Davidson, Bank BJB, Genesa Flight Academy D’Gobers Hostel, Proman dan Le Mineralle. Booth mereka juga menjadi alternatif pengunjung untuk menikmati sajian program kreatif.

Baca juga :  Baksos Ramadhan Datsun Lampung Community (DLC)

Acara diawali dengan kedatangan El Presidente BB1%MC Pegi Diar menggunakan helikopter dilanjutkan dengan upacara penyambutan adat khas Betawi serta upacara bendera yang berlangsung khidmat. 

Atraksi terjun payung yang mendarat di areal event juga menjadikan tontonan khas termasuk buat masyarakat sekitar. Kehadiran Tong Setan menjadi daya tarik tersendiri di event ini karena biasanya hanya dijumpai di pasar malam sehingga terlihat antrian menyaksikan adegan ekstrim tersebut. 

Bukan itu saja, aksi akrobatik Hell’s Driver ISHD juga ikut menyedot perhatian pengunjung dimana satu motor H-D klasik dinaikin beberapa orang sambil berjalan.

Kawasan gedung tidak terawat di area Kemayoran justru menjadi keunikan tersendiri karena dibuat panitia menjadi display kendaraan jenis custom dan klasik di dalamnya serta tempat kongkow pengunjung di lantai dua. 

Sementara kawasan belakang, disulap menjadi arena fun race oleh komunitas Utah Lalay, pemilik motor bebek jadul jenis 2 tak.

Selain menghadirkan budaya khas Betawi yakni Ujungan dan Rebut Dandang, BB1%MC juga tidak lupa mengundang para legiun veteran dari LVRI untuk berbaur dengan pengunjung Evolution. 

Baca juga :  Komunitas Honda CB150X Ibukota Ditantang ‘Libas’ Gunung Bromo

Bukan sekadar pesta bikers, namun para pelaku dunia motor yang ikut membesarkan skena ini juga diundang khusus untuk diberikan penghargaan sebagai Inspiring Bikers. 

Mereka adalah Mas Juned MACI, Tony Dhono, Aki Nanang, Haji Una HDCI, Yance F Nussy, Alm. Yayang Blind Eagle, Kubil, Alm. Punky MACI Bambang Prabowo, Joko MACI, Kong Leng, Mas Panji Condet dan Mang Njang ISHD.

Sebagai wujud dari Program 100 Tahun Bakti Untuk Negeri, BB1%MC juga melibatkan para penggiat lingkungan seperti komunitas TwitterMulung serta Get Plastic yang mengubah sampah plastik untuk didaurulang menjadi bahan bakar kendaraan untuk menempuh jarak Jakarta – Bali.

Sam Gesser ketua penyelenggara Evolution, Still Kickin And Rock N Roll mengatakan, bahwa acara ini dibuat sesuai konsepnya dalam berevolusi. Kata dia, 31 tahun BB1%MC Indonesia bukan sebuah perjalanan drama. Ini tentang jalan hidup, pilihan, jatidiri dan bagaimana sang manusia menjaga harga diri dan kehormatan. 

“Saling menghargai, saling berkorban untuk mencapai tujuan manusia Berdaulat terhadap Jiwa dan Raga serta untuk Bangsa dan Negaranya. Selama 31 tahun kami terus diberi tempaan, merendah dalam pujian, teguh dalam pendirian untuk menjaga kata Persaudaraan,” ucapnya.

Baca juga :  Motor Antik Tetap Eksis, MACI Gelar Silaturahmi Antar Anggota

Acara juga diisi dengan lelang berupa helm dan glove dari Elders Company yang sudah dipinstripe oleh Rio Bronx serta lukisan karya seniman Hendrix Dave, Tangki motor bergrafir khusus dari Skull Nation Bali serta cincin pribadi milik El Presidente BB1%MC Indonesia. 

Berbagai genre musik mulai blues, reggae, rock n roll mengentak panggung hiburan musik menjadikan event ini ajang unjuk kreasi para musisi.

Ratusan komunitas berbagai jenis motor terus mengalir berdatangan selama dua hari untuk menyampaikan selamat serta berbaur dengan sesama bikers lainnya. Acara penutupan ikut dihadiri oleh Kepala Staff Umum TNI, LetJen TNI Joni Supriyanto. [PO/Haz]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *