Tips Naik Motor

JAKARTA – Saat berkendara tentu kenyamanan dan keamanan tentu menjadi prioritas guna meminimalisir terjadinya kecelakaan, terlebih bila berkendara menggunakan motor.

Tingginya angka kecelakaan, terjadi disebabkan umumnya bukan hanya faktor kendaraan sebagai penyebabnya, tapi karena faktor manusia tidak peduli dengan keselamatan saat berkendara.

Berdasarkan data WHO 90 persen dari kecalakaan karena kelalaian manusia, bahkan data dari WHO sebanyak 1,3 juta jiwa pertahun melayang di dunia karena kecalakaan.

Baca juga :  Pengunjung GIIAS Dapatkan Edukasi Safety Driving dan Safety Riding

Di jalan raya masih banyak kita jumpai pengendara motor yang tidak peduli dengan keselamatan, bahkan urusan sepele seperti posisi kaki saat berkendara masih banyak yang asal.

Padahal kaki sangat rentan sekali mengalami luka, bisa saja tersangkut atau terkena benturan benda lain.

Buat para bikers tentu pernah melihat pengendara motor yang poisi kakinya sangat berbahaya, seperti posisi kaki melebar.

Padahal posisi kaki seperti itu salah dan sangat berbahaya Guys. Selain berbahaya juga mengurangi kenyamanan saat berkendara.

Baca juga :  Posisi Duduk Saat Berkendara Jadi Poin Penting, Perhatikan Hal Ini

Lalu bagaimana posisi kaki yang benar saat mengendarai motor ?

Untuk pengendara sepeda motor skuter matik (skutik), keseluruhan kaki harus berada di dalam deck. Jadi, tidak ada bagian kaki yang keluar dari deck itu.

Posisi lutut pun tidak boleh keluar dari sayap motor skutik itu. Jadi, posisi paha, lutut hingga kaki harus sejajar dan disarankan tidak keluar dari bodi depan.

Baca juga :  Tekan Angka Kecelakaan, Wahana Honda Blusukan Hingga Kampus

Jika posisi lutut keluar sangat berbahaya, karena bisa terbentur atau tersenggol kendaraan lain yang ada di samping kanan atau kiri kita. [Po/Adhi]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *