PAYAKUMBUH – Momen mudik 2024 ke Sumbar dimanfaatkan perantau Minang yang tergabung di Forum Komunikasi Bikers Urang Minang (FK-BUMI) menggelar acara Halal Bihalal.

Mudik tahun 2024, menjadi lebih spesial bagi bikers FK-BUMI. Pasalnya, selain bisa pulang kampung “Ba-Rayo”, mereka juga bisa bertemu rekan bikers sesama perantau se-Nusantara. Ratusan bikers Minang se-Indonesia berkumpul di Payakumbuh dalam acara halal bi halal.

Halal bi halal Idul Fitri tahun 2024 digelar FK-BUMI setelah empat hari Lebaran yakni Sabtu, 13 April 2024. Acara yang dimulai siang hingga malam ini berlangsung di GOR Serba Guna Sawah Padang, Payakumbuh-Sumatera Barat.

“Biasanya, kami bertemu di group WA. Bercanda dan ngobrol asyik soal motor hanya di dunia maya. Namun kini, semua muka tampak di depan mata. Halal bi halal FK-BUMI membuat persaudaraan kami semakin besar,” ujar Bro Teddy senior bikers FK-BUMI yang merantau di Pekanbaru, Riau.

Baca juga :  Puluhan Peserta Ikuti Tiger Lovers Touring Jogja Istimewa 2021

Teddy menjelaskan, halal bihalal FK BUMI tahun 2024 menjadi saksi bahwa persaudaraan mereka telah terjalin selama 10 tahun. “Ya, halal bihalal tahun  ini menjadi acara halal bihalal ke-10 tahun FK BUMI,” ujarnya.

Sebagaimana biasa, FK BUMI selalu mengumandangkan brotherhood sebagai sesama pecinta sepada motor dan touring. Karena orang Minang, brotherhood di bikers FK BUMI disebut dunsanakhood yang artinya sama-sama persaudaraan.

“Acara ini adalah acara silaturahim dunsanakhood atau all biker. Karena itu kami mengajak all biker untuk dapat memeriahkan acara silaturahim ini baik itu bikers yang berada di Sumatera Barat maupun yang di luar Sumatera Barat,” ajak panitia yang berasal dari dari Paguyuban Biker Payakumbuh dan 50 Kota (PALIKO).

Baca juga :  Anniversary Yaris Bekasi-Cikarang Bahagiakan Anak Yatim di Ancol

Di Payakumbuh, bikers Minang sukses menggelar silaturhami setahun sekali ini. Panitia pelaksana menjelaskan, peserta HBH FK BUMI Nusantara lebih kurang 200 bikers.

Bikers Minang datang dari sejumlah kota di Indonesia. Antara lain, Jakarta, Bogor, Bandung, Jambi, Bengkulu, Batam, Prov. Riau, Lampung dan sumatera barat sendiri.

Keseruan memuncak berkat kesenian KIM Minang alias tebak angka dengan berdendang oleh Pepy Grace yang jarang ditemukan di rantau.

Acara semakin berarti karena hadirnya sejumlah tokoh masyarakat Kota Payakumbuh seperti H. Yendri Bodra (Dtk. Parmato Alam. SH) ditemani Teddy sebagai founders FK BUMI. Yendri Bodra yang saat ini anggota DPRD Kota Payakumbuh juga menjabat sebagai Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minang Kabau (LKAAM) dan juga tokoh organisasi Karate di Payakumbuh.

Baca juga :  Ertiga Indonesia Community Kini Berusia 1 Tahun

Bro Teddy mengatakan, acara Halal hi Halal FK BUMI sudah diadakan untuk yang ke-10 kalinya. HBH Bikers Minang diadakan setiap tahun sejak tahun 2014.

Meski sempat terhalang oleh Covid-19, semangat bersilaturahmi lewat HBH tetap berjalan, meski diadakan secara virtual. Dunsanakhood nan rancak bana! {PO/Mir}