MOTEGI, JEPANG – Di tengah situasi sulit karena minim prestasi, Marc Marquez mendulang hasil luar biasa di lanjutan MotoGP seri ke-14 di MotoGP Jepang 2023. Marquez sukses meraih podium 3.

Di sirkuit Motegi pada Minggu pagi (1/10) menjadi balapan kandang bagi tim Repsol Honda dengan du apembalap juara dunianya, Marc Marquez dan Joan Mir.

Di Motegi nama Marquez sangat harum. Dia sudah mengemas tiga kali podium utama di kelas MotoGP serta dua kali aat masih di kelas 125cc dan Moto2.

Meski begitu, nasibnya di Motegi 2023 tidak terlalu mulus. Saat kualifikasi, Marquez hanya bisa menempati posisi ketujuh. Dan pada balapan sprint race, pembalap 30 tahun ini hanya bisa menempati posisi tujuh.

Baca juga :  Rey Ratukore Sempat Ragu Saat Balap Menggunakan IRC RMC830

Pada balapan utama yang digelar Minggu pagi, lintasan yang basah menjadi penyelamat Marc Marquez. Abang dari pembalap Gresini, Alex Marquez ini tampil kokoh. Dia mampu menyalip sejumlah pembalap top mulai dari Miguel Oliveira hingga Marco Bezzecchi.

Dalam kondisi tengah gansnya di lintasan basah, balapan harus berakhir di lap ke-13 karena dianggap membahayakan. Alhasil, The Baby Alien finis ketiga pada MotoGP Jepang 2023.

Marquez mengakui torehan podium ini berkat kesabarannya dalam balapan. Termasuk saat dengan cepat dan masih di lap pertama dia bersama tim mengganti ban demi menghadapi balapan yang basah.

Baca juga :  Federal Oil Ajak Duo Pembalap Gresini Racing MotoGP Sapa Fans di Jakarta

MotoGP Jepang 2023 akhirnya dimenangi oleh Jorge Martin disusul Francesco Bagnaia di posisi kedua.

Meski begitu, Marquez patut tersenyum. Pasalnya, podium di MotoGP Jepang 2023 ini menjadi podium pertamanya di main race MotoGP 2023. Sebelumnya, Marquez juga podium ketiga saat sprint race MotoGP India.

Podium ini juga menjadi podium pertamanya, sejak setahun silam, saat dia meraih podium terakhir di MotoGP Australia 2022, pada 16 Oktober atau setahun yang lalu.

Cidera panjang sejak membuat Marc Marquez harus menjalani MotoGP dengan tertatih-tatih. banyak terganggu oleh cedera. Ia baru mampu finis dalam balapan pada seri ke-10 di MotoGP Austria.

Baca juga :  MotoGP Catalunya: Marquez Menang, Lorenzo Jadi Musuh Semua Orang

Seri MotoGP 2023 selanjutnya akan berlangsung di MotoGP Mandalika Indonesia pada 15 Oktober 2023. Aksi Marquez di mandalika amat dinanti-nanti oleh para penggemar di Indonesia. Pasalnya, tahun lalu Marc Marquez gagal start di sini. {PO/Mir}