VALENCIA – MotoGP 2023 selesai dengan menuntaskan seri terakhirnya di MotoGP Valencia, Minggu (26/11/23). Francesco Bagnaia tampil sebagai juara seri terakhir, sekaligus mengukuhkan namanya sebagai juara dunia MotoGP 2023.

Persaingan pembalap menjadi juara dunia MotoGP 2023 boleh dikatakan sangat seru. Penentuan juara dunia harus dilakukan hingga seri terakhir di MotoGP Valencia 2023.

Hingga balapan utama digelar di Sirkuit Ricardo Tormo, jarak antara dua pembalap untuk meraih gelar juara dunia cukup tipis. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) berada di atas dengan bertaut hanya enam angka dari saingan utamanya Jorge Martin (Pramac Racing/tim satelit Ducati).

Baca juga :  Pengamanan MotoGP Mandalika Capai 75 Persen

Saat balapan dimulai, kedua pembalap sempat beradu cepat di barisan terdepan. Sayang, pada lap keenam, Jorge Martin mengalami nasib sial. Setelah berupaya maju kembali ke barisan depan setelah melebar, dia bersenggolan dengan Marc Marquez.

Kedua pembalap terjatuh. Sial bagi Jorge Martin. Dengan gagal melanjutkan lomba itu berarti kegagalan baginya mengejar poin Bagnaia. Dan secara otomatis, sejak lap keenam itu, Francesco Bagnaia menjadi juara dunia MotoGP 2023.

Dengan gelar ini, Bagnaia yang akrab disapa Pecco menjadi salah satu pembalap terbaik yang sanggup mempertahankan gelar juaranya. Tahun 2022, pembalap asal Italia ini juga tampil sebagai juara dunia.

Baca juga :  Paska MotoGP Qatar 2023, Martin Tertinggal 21 Angka Dari Bagnaia

Gelar juara dunia Pecco genap menjadi tiga di semua kelas. Tahun 2018, Francesco Bagnaia juga tampil sebagai juara dunia MotoGP di kelas Moto2.  Dengan bekal juara dunia itulah pembalap 26 tahun ini naik ke kelas MotoGP tahun 2019.

Sementara bagi Ducati, juara dunia MotoGP 2023 ini menjadi catatan penting karena tropi juara dunia mereka bertambah menjadi tiga. Selain dua tropi dari Pecco ini, tahun 2007 silam, juara dunia juga mereka raih bersama Casey Stoner.

MotoGP 2023 juga menjadi tahun sangat perkasa bagi Ducati. Sepeda motor asal Italia ini berhasil meraih 17 juara seri dari 20 seri yang digelar MotoGP tahun 2023. 

Baca juga :  Marquez Lebih Tertarik Pada Stefan Bradl Ketimbang Stoner

Motor Ducati menjadi momok bagi para pembalap non Ducati. Hanya tiga gelar yang lepas, yakni dua direbur Aprilia dan satu oleh Honda. {PO/Mir}