Jakarta – Nissan Kicks e-Power merupakan salah satu model andalan Nissan di kategori kendaraan elektrifikasi. PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) sejatinya sudah mulai memasarkan Nissan Kicks e-Power sejak tahun 2020 silam dan hingga saat ini mobil tersebut sudah mengalami beberapa penyegaran.

Nissan Kicks e-Power hadir dengan tampilan sporty dan dinamis. Tampak depan dihiasi desain grille V-Motion khas Nissan, lampu depan LED dengan Daytime Running Lights, serta lampu belakang LED yang dilengkapi dengan sentuhan futuristik yang membuat siluet Nissan Kicks e-Power begitu memanjakan mata.

Beralih ke sisi interior, Nissan Kicks e-Power juga menawarkan nuansa modern dengan sentuhan premium yang membuat pengemudi maupun penumpang betah di dalam kabin.

Interior Nissan Kicks e-Power sudah dibekali layar touchscreen berukuran 8 inci yang bisa terhubung dengan Apple Carplay dan Android Auto. Pengemudi juga dimanjakan lewat layar MID berukuran 7 inci yang menampilkan beragam informasi kendaraan seperti jarak tempuh, menu pengaturan, waktu tempuh perjalanan, konsumsi BBM dan lain-lain. Bahkan terdapat tambahan informasi pengisian daya baterai dan drive mode berupa layar digital melingkar.

Setir kemudi juga sudah dilengkapi tombol audio dan pengaturan intelligent cruise control. Tuas transmisi juga terbilang unik lewat penggunaan New e-Gear Shift Knob yang nyaman dan futuristik.

Baca juga :  All New Ertiga Mendominasi Penjualan Suzuki di Telkomsel IIMS 2019

PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) mengklaim jok pengemudi dan penumpang dirancang mengusung teknologi Zero Gravity ala NASA (badan Antariksa Amerika) dibalut dengan leather material. Teknologi Zero Grafity bekerja untuk meminimalisir tekanan gravitasi sehingga pengemudi dan penumpang merasakan sensasi melayang ketika mobil berjalan. Tujuannya adalah agar tidak cepat lelah dalam perjalanan jauh.

“Nissan Kicks e-POWER merupakan bukti upaya berkelanjutan kami untuk menyediakan kendaraan bagi pelanggan kami yang tidak hanya memberikan sensasi berkendara mengesankan tetapi juga bertanggung jawab terhadap lingkungan,” ujar National Sales Head PT Nissan Motor Distributor Indonesia, Caca Tobing.

Sensasi mengendarai Nissan Kicks e-Power

Keunikan dari kendaraan SUV 5-seater ini adalah teknologi Nissan e-Power yang mengkombinasikan mesin 3-silinder berukuran 1.2 liter sebagai generator, serta motor listrik yang terintegrasi dengan inverter dengan kapasitas baterai 2,06 kWh.

Nissan Kicks e-Power menggunakan motor listrik EM57 dengan jenis motor AC3 synchronous motor. Mobil ini menggunakan transmisi single speed gear reduction, dengan tenaga maksimum 136 PS/4.000-8.992 rpm dan torsi maksimum 260 Nm/500-3.008 Nm.

Mesin ICE (Internal Combustion Engine) berfungsi sebagai generator yang menghasilkan listrik yang akan disimpan di baterai lithium-ion, lalu sistem ini menyalurkannya ke motor listrik untuk memberi tenaga tanpa perlu mengisi daya dari luar.

Baca juga :  Di GIIAS 2023, Mobil Listrik Chery OMODA 5 EV Tampil Perdana: Premium  “Come From Future”

Sistem e-Power menawarkan penggerak motor listrik penuh, yang artinya roda sepenuhnya digerakkan oleh motor listrik. Berbeda dengan sistem hybrid konvensional, roda digerakkan oleh motor listrik dan mesin secara bersamaan. Namun, pada sistem e-Power mesin tidak terhubung ke roda dan hanya berfungsi mengisi baterai.

Mengendarai mobil ini menghadirkan pengalaman berbeda, baik dari sisi kenyamanan, fungsionalitas, maupun performa. Menariknya lagi, Nissan Kicks e-Power juga dilengkapi tiga mode berkendara antara lain EV Mode, S Mode, dan Eco Mode.

Saat menggunakan EV Model, mobil ditenagai sepenuhnya oleh baterai, sehingga pengemudi bisa merasakan sensasi berkendara dengan akselerasi fantastis dan kesenyapan kabin layaknya mobil EV.

Kemudian, ketika beralih ke S Mode, maka mobil akan menghasilkan tenaga yang lebih besar dan lebih responsif saat berakselerasi layaknya sensasi sports car. Opsi S Mode cocok untuk kalian yang ingin berkendara agresif.

Terakhir, mode berkendara ECO yang bekerja dengan mengoptimalkan efisiensi sehingga mengurangi konsumsi bahan bakar. Mode ECO lebih cocok digunakan saat mobilitas sehari-hari di perkotaan.

Teknologi e-Pedal juga sangat membantu pengemudi ketika melewati jalanan turun naik atau bergelombang. Saat di turunan, cukup mengangkat pedal gas, maka mobil secara otomotis mengurangi kecepatan tanpa harus menginjak rem.

Baca juga :  All New Civic e:HEV Debut di Bangkok, Kapan Masuk Indonesia?

Kenyamanan Kicks e-Power juga ditunjang dengan suspensi canggih MacPherson Struts di bagian depan dan Torsion Beam dengan stabilizer di belakang. Suspensi tersebut membuat Nissan Kicks e-Power menjadi SUV yang asik diajak bertualang ke jalur onroad maupun offroad.

Berstatus sebagai kendaraan hybrid, efisiensi konsumsi bahan bakar jelas menjadi keunggulan yang ditonjolkan. Berdasarkan hasil tes untuk penggunaan normal di perkotaan, konsumsi bahan bakar rata-rata mencapai 19-20 km/liter.

Fitur safety

Soal fitur keselamatan, mobil ini menghadirkan paket lengkap antara lain Safety Shield 360, Blind Spot Warning (BSW), Around View Monitor (AVM) dengan fitur Transmitter, Moving Object Detection (MOD) dan Lane Departure Peringatan (LDW).

Tak ketinggalan fitur Intelligent Cruise Control (ICC), Headlight Assist (HBA) dan Intelligent Forward Collision Warning (IFCW) dan Intelligent Emergency Braking (IEB).

Soal harga, Nissan Kicks e-Power generasi terbaru dibanderol mulai dari Rp519 juta on the road DKI Jakarta.