JAKARTA – Hubungan Valentino Rossi dengan Indonesia memang spesial. Kini tim balapnya mengarungi 3 musim MotoGP dengan brand ternama Indonesia, Pertamina Lubricants.

Dengan nama tim terbaru “Pertamina Enduro VR46”, Valentino Rossi sebagai pemilik VR46 Racing bersama Pertamina Lubricants secara resmi melakukan launching tim balap ini di Palazzo dei Congressi, Riccione, Italia, Rabu (24/1/2024) malam WIB.

Sementara di Indonesia, acara launching tim balap Pertamina Enduro VR46 dilakukan secara live di Jakarta dan disiarkan langsung melalui kanal Youtube. Hadir sejumlah tokoh balap Tanah Air.

Yang paling ditunggu dalam perkenalan tim Pertamina Enduro VR46 ini adalah tampang terbaru alias livery sepeda motor dua pembalapnya, yakni Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio alias Diggia.

Warna motor serta baju balap tim Pertamina Enduro VR46 cukup mengejutkan. Warna kuning menyala mendominasi tim ini. Sebagaimana diketahui, Valentino Rossi memang identik sekali dengan warna ini.

Baca juga :  MotoGP: Tanpa Marc Marquez, Repsol Honda Kehilangan Taji

Warna kuning full khas Rossi ini kembali mengingatkan penggemarnya saat The Doctor masih menunggangi motor Honda dengan sponsor utama brand Camel.

Warna kuning di livery Desmosedici GP23 musim ini memang mencolok jika dibandingkan dengan musim lalu saat bersama sponsor Mooney, di mana warna hitam mendominasi motor balap VR46 Racing.

Sementara nama Pertamina Enduro, tampil mencolok di seluruh livery tim balap. Dua logo besar di badan motor, kiri dan kanan. Logo yang sama juga hadir jelas di bagian dada baju balap dan di tangan bagian kiri dan kanan.

Aldo Drudi sebagai desainer livery ini menjelaskan, warna kuning menyala menggambarkan perjalanan karir Valentino Rossi. “Warna yang edgy, penuh aksi, warna balap ini identik dengan karir Rossi,” terang Drudi.

VR46 Tim dengan Pembalap Juara
Dua musim sebelumnya, VR46 sukses tampil memukau di MotoGP. Meski dihantui cidera pada Bezzecchi menjelang ujung seri balapan, tim ini sanggup finis ketiga di klasemen tim. Tim tergolong baru ini hanya kalah kalah dari tim pabrikan Ducati dan tim satelit lainnya Pramac Racing.

Baca juga :  Raih Hasil Cukup Baik di Tes Misano, Valentino Rossi Semakin Optimis

Tahun ini, pembalap VR46 Luca Marini bergabung dengan tim Repsol Honda. Namun, penggantinya adalah pembalap yang cukup bersinar di musim 2023, Diggia.

Boleh dikatakan, komposisi pembalap pebalap Pertamina Enduro VR46 cukup lengkap. Keduanya adalah sama-sama pemenang balapan MotoGP di musim 2023.

Bezzecchi sangat moncer dengan menjadi juara di tiga seri yakni di MotoGP Argentina, Prancis, dan India. Sedangkan Diggia saat masih bersama tim Gresini menang di MotoGP Qatar. Sementara secara individu, Marco Bezzecchi sukses merebut posisi runner-up.

Baca juga :  Rossi Kehilangan Kepercayaan Diri Usai Race Mugello

“Setelah musim yang fantastis di tahun 2023, (kami prediksi) musim 2024 akan lebih sulit karena levelnya meningkat. Tapi kami berusaha untuk meningkatkan segalanya, kami harap Pertamina Enduro VR46 bisa sukses,” tegas Direktur Tim VR46 Alessio Salucci. {PO/Mir}