MAKASSAR, SULSEL – Para pengguna Yamaha XMAX diajak menjelajah wilayah Sulawesi Selatan yang penuh tantangan dan keindahan. Selama tiga hari peserta menikmati XMAX di negeri Angin Mamiri.

Touring Navigate to The Max Tour de Sulawesi ini merupakan kelanjutan dari touring sebelumnya yang sukses menjelajah Pulau Sumatera dari Sabang, Aceh, hingga Lampung sejauh lebih dari 1.800 kilomer.

Melanjutkan touring di Pulau Andalas tersebut, touring Navigate to The Max kini memasuki wilayah Sulawesi Selatan. Touring melibatkan puluhan bikers yang terdiri dari awak media dan komunitas pengguna Maxi Yamaha.

Para peserta touring mengeksplorasi keindahan alam dan kekayaan budaya Sulsel khususnya Tanah Toraja menggunakan XMAX Connected selama 3 hari pada 25 – 27 Agustus 2023.

Frengky J Tunandar, General Manager Sales PT Suraco Jaya Abadi Motor (SJAM) selaku Main Dealer Yamaha area Sulawesi Selatan dan Barat (Sulsel-bar) mengatakan, dari touring ini bikers dapat secara langsung membuktikan kualitas berkendara XMAX Connected.

“Mereka bisa merasakan kelebihan XMAX Connected baik itu dari segi kecanggihan fitur, kenyaman riding position, hingga performa mesin dalam mendukung kebutuhan mobilitas touring jarak jauh yang memang menjadi hobi dari penggunanya,” ungkap Frengky.

Baca juga :  ‘Sonderklasse Paradise Journey', Turing Gratis ala MB W140 CI

Mengambil lokasi titik keberangkatan dari Kota Makassar, pada touring kali ini rombongan akan berkendara sejauh lebih dari 600 kilometer menjelajah berbagai destinasi wisata dan spot ikonik yang ada di wilayah Sulsel.

Mulai dari jalur perkotaan di Makassar, jalur pesisir pantai di Pare Pare, hingga dataran tinggi Tanah Toraja di pegunungan Enrekang yang kental dengan suasana magis.

“Kondisi geografis wilayah Sulsel yang sangat bervariasi mulai dari pantai, pegunungan, hingga lembah, tentunya tidak hanya menyuguhkan pemandangan indah selama di perjalanan. Namun, juga akan memberikan pengalaman berkendara yang tidak terlupakan kepada para peserta,” ujar Frengky J Tunandar.

Pada hari pertama touring, rombongan peserta dilepas dari Sentral Yamaha Makassar dan langsung mengarah ke jalur pesisir pantai barat trans Sulawesi menuju Kota Pare-Pare. Di kota tersebut, mereka singgah untuk melihat monumen Cinta Habibi-Ainun dan Tugu Bambu Runcing yang menjadi landmark ikonik kota itu.

Baca juga :  Hyundai Accent Indonesia Miliki Ketua Umum Baru

Setelahnya, perjalanan dilanjutkan menuju daerah Toraja yang merupakan salah satu kota di dataran tertinggi di wilayah Sulawesi Selatan.

Menariknya, saat menuju ke Toraja, rombongan terlebih dahulu dihadapkan dengan jalur Pegunungan Enrekang. Kondisi jalur yang banyak didominasi tanjakan ekstrem dan turunan curam yang bekelak-kelok itu, benar-benar tidak hanya menguji skill berkendara peserta, namun juga performa mesin XMAX Connected.

Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Muhammad Arbie Noor Saleh, salah seorang member komunitas XMAX setempat yang ikut dalam rombongan perjalanan.

“Touring Navigate to The Max Tour de Sulawesi ini benar-benar menantang. Selain secara jarak cukup jauh, kondisi jalur menuju Toraja bisa dibilang jauh lebih menantang dan sangat menguji skill berkendara dan performa motor,” tuturnya.

Dia mencontohkan jalur Enrekang yang punya tanjakan curam dan tikungan-tikungan patah. “Tapi Alhamdulilah, mesin XMAX baru ini performanya luar biasa, tanjakan curam kita libas dengan mudah. Untuk handling di tikungan juga sangat stabil. Secara keseluruhan motor ini nyaman sekali untuk aktivitas touring jarak jauh,” terangnya

Baca juga :  ADV 150 Urban Exploride HAI dan AHJ Bantu Musholla di Bogor

Sementara itu memasuki hari kedua, rute perjalanan lebih difokuskan untuk mengeksplorasi spot-spot eksotis Mulai dari Enrekang menuju Tana Toraja. Seperti mengunjungi Gunung Nona Enrekang yang menyajikan landscape bukit berbaris.

Selanjutnya Puncak Lo’lai yang terkenal dengan istilah negeri di atas awan, Desa Adat Kete’ Kesu yang menjadi tempat edukasi terkait peradaban masyarakat Toraja, Makam Gua Londa, hingga Patung Jesus di Buntu Burake’ yang menjadi ikon landmark kota Toraja.

Rangkaian touring Navigate to The Max setelah ini akan berlanjut ke Pulau Kalimantan, dengan rute jelajah yang membentang dari Kalimantan Timur menuju Kalimantan Barat pada 14 – 24 September 2023 mendatang. {PO/Mir}