TANGERANG – Apa hubungan antara main dealer Honda dengan persoalan stunting. Ya, Wahana Honda melihat soal stunting perlu dibantu semua pihak. Wahana bertahun-tahun melakukan hal ini.

Atas keberpihakannya pada persoalan stunting ini, PT Wahana Makmur Sejati (WMS), Main Dealer sepeda motor Honda wilayah Jakarta-Tangerang, menerima penghargaan sebagai Bapak/Bunda Asuh Anak Stunting di Kota Tangerang dari Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang.

Penghargaan tersebut diberikan karena PT WMS dinilai aktif terlibat dalam percepatan penurunan angka stunting di wilayah Kota Tangerang. 

Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Wali Kota Tangerang H. Sachrudin kepada Department Head CSR PT WMS Vica Vayerawita di Gedung Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Kamis (9/11/2023). 

Baca juga :  Astra Kasih Semangat Tinggi Cegah Covid-19 Melalui Video, Yuk Intip !

Sejak tahun 2019 

Di sela-sela acara tersebut, Vica menyampaikan, PT WMS memiliki Yayasan Wahanaartha (YWA) yang berfokus pada empat pilar. Keempat pilar itu adalah kesehatan, pendidikan, lingkungan, dan pemberdayaan masyarakat. 

Pada pilar kesehatan, Vica meneruskan, YWA memiliki Klinik Pratama Rumah Sehat Wahana (RSW) yang berlokasi di Jatake, Tangerang. Klinik Pratama RSW beroperasi sejak tahun 2011. 

“Klinik Pratama RSW memiliki program stunting bernama Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Khusus Stunting. Program ini sudah berjalan sejak bulan Januari 2019.

Sasaran penerima manfaat program ini adalah anak balita di Kelurahan Manis Jaya, Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang. Sejak tahun 2019 sampai saat ini, total lebih dari 50 balita stunting yang statusnya sudah gizi baik,” papar Vica. 

Baca juga :  Dengan RCV213V-S, Konsumen Nikmati Sensasi Jadi Marc Marquez

Melibatkan partisipasi karyawan internal 

Pada pelaksanaannya, lanjut Vica, setiap bulan anak stunting yang sudah terdata dan disurvei akan diberikan makanan tambahan berupa susu formula dan makanan sehat. Lalu, dua minggu sekali tenaga kesehatan RSW mengukur tinggi badan, berat badan, dan memeriksa kondisi kesehatan balita tersebut.  

Tak hanya tenaga kesehatan RSW, Wahanaartha Group juga mengadakan Program Coin Stunting. Program ini mendorong partisipasi wahanians (sebutan bagi karyawan Wahanaartha Group) untuk memberikan sumbangan sukarela. 

Baca juga :  Cegah Covid-19 Pertamina Monitor Karyawan Melalui MyDoctor

“Sumbangan ini nantinya akan digunakan untuk membeli multivitamin kepada anak stunting,” tandas Vica. 

Kegiatan ini sejalan dengan kampanye Sinergi Bagi Negeri untuk mendukung program Environment, Social and Governance (ESG) AHM dan PT WMS sebagai Main Dealer serta jaringan sepeda motor Honda. {PO/Mir}