JAKARTA – Saat ini Indonesia sepertinya benar-benar menjadi basis produksi untuk beberapa model Kawasaki. Tidak tanggung-tanggung, salah satu model rakitan pabrik Cibitung yakni Kawasaki KLX 230 merambah pasar Amerika hingga Eropa.

Michael C Tanadhi, Head & Sales Promotion PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) mengatakan ekspor sudah dimulai. Bahkan shipping perdana sudah dilakukan sejak Juni 2019.

“Ekspor sudah dimulai, mereka juga sudah launching di Amerika Serikat, kita sudah shipping dari Juni kemarin,” kata Michael di sela-sela acara media test ride KLX 230, Selasa (25/6) di BSD, Tangerang Selatan.

Baca juga :  Yamaha Fino Hadir dengan Warna Baru di tahun 2020

Untuk ekspor awal ke Amerika Serikat tercatat sebanyak 250 unit dan jumlah kuota lebih didominasi oleh KLX 150. “Untuk yang KLX 230 tidak banyak hanya 80 unit,” lanjutnya.

Michael menambahkan, kedepannya ada beberapa negara yang menjadi tujuan ekspor. “Selain Amerika, next negara tujuan ekspor ke Jepang. Dikirm secara CBU, karena base produksinya di Indonesia. Lalu Eropa dan Amerika Selatan,” beber Michael.

Baca juga :  Mengusung Basis Lama, Ini Detail Ubahan W175 CAFE 2019

Kawasaki KLX 230 mengusung konsep dirt bike dual purpose yang bertenaga, ringan, dan nyaman bermanuver. KLX 230 diperkuat dengan mesin berkapasitas 233 cc satu silinder SOHC berpendingin udara dengan transmisi enam percepatan. Mesin ini menghasilkan tenaga 19 ps pada 7.600 rpm dan torsi 19,8 Nm pada 6.100 rpm. KLX 230 dibanderol dengan harga Rp 42,5 juta. [po/rst]

Baca juga :  Motor Bebek Bekas Rp 5 Jutaan Masih Ada, Ini Daftarnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *