TANGERANG – Pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 telah memasuki hari keempat pada Minggu, 14 Agustus 2022 di ICE, BSD City, Tangerang.

Selain pameran kendaraan dan teknologi otomotif terkini, GIIAS juga selalu melakukan edukasi bagi masyarakat dan pengunjung dalam setiap kegiatan pameran yang bersifat edukasi dan menjadi rutinitas setiap tahunnya. Terutama dalam hal mobilitas masyarakat dan penggunaan kendaraan yang lebih ramah lingkungan.

Bertepatan dengan momentum dimulainya elektrifikasi otomotif tahun ini, GAIKINDO sebagai pemilik event ini juga mengundang berbagai kalangan untuk mengikuti seminar soal pentingnya kesadaran bersama untuk lebih peduli dengan isu lingkungan. Terlebih hal ini sudah ditegaskan oleh pemerintah dalam upaya penurunan emisi CO2 di sektor transportasi.

Presiden Republik Indonesia juga telah menyampaikan di COP21 di Paris dan COP26 di Glasgow tentang target Indonesia dalam pengurangan emisi karbon sebesar 29 persen hingga 2030. Target ini akan semakin besar seiring perjalanan waktu untuk mencapai Net Zero Emission di 2060.

Baca juga :  Hadir di IIMS 2023, Honda Tawarkan Banyak Program Menarik

Kontribusi yang bisa dilakukan di sektor alat angkut dan transportasi pun tentu tak lepas dari kendaraan yang lebih bersahabat dengan lingkungan seperti kendaraan dengan basis electric vehicle maupun kendaraan pembakaran internal namun yang sudah memenuhi kaidah emisi gas buang yang telah ditetapkan pemerintah.

Namun jika berbicara tentang teknologi kendaraan yang ramah lingkungan, tentu juga bukan hal mudah. Penting bagi pemerintah dan segenap khalayak yang sudah lebih dulu paham soal isu ini, untuk bersama-sama mengkomunikasikan pentingnya menggunakan kendaraan tak memiliki emisi gas buang.

Untuk lebih memberikan informasi dan edukasi kepada khalayak, GAIKINDO akan menyelenggarakan seminar khusus untuk dengan tema ‘Kontribusi Sektor Otomotif dalam Upaya Penurunan Emisi CO2 di Indonesia’. Seminar ini akan digelar pada Senin, 15 Agustus 2022 di ruang Nusantara, ICE – BSD City Tangerang.

Baca juga :  Ajang Modif CustoMAXI x YAMAHA Heritage Built 2020 Dibuka di Bekasi

Para pembicara yang akan hadir dari pemerintah dan para profesional di bidangnya. Di antaranya adalah Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim, KLHK, Ir. Laksmi Dewanthi, MA, lalu ada Dirjen ILMATE, Kemenperin, Dr. Ir. Taufiek Bawazier, M. Si, kemudian General Manager Design & Development PT Suzuki Indomobil Motor, Mr. Kaneyama Junichi. Tak cukup hanya dari kalangan pemerintah, ada juga perwakilan dari institusi pendidikan seperti perwakilan ITB yaitu Dr. Ir. Agus Purwadi, M.T, dan dari LPEM UI yaitu Khoinurrofik, PhD.

Semuanya secara runut akan menjelaskan dari perspektif masing-masing soal regulasi sektor otomotif di Indonesia, bagaimana cara menekan emisi CO2 hingga kesiapan ekosistem dan sudut pandang ekonomisme.

Sebagai informasi, tiket masuk GIIAS 2022 hanya tersedia di aplikasi Auto360, dengan kehadiran pengunjung dibagi dalam dua sesi setiap harinya, untuk memastikan tidak ada kerumunan pada area masuk pameran. Harga tiket masuk tidak mengalami kenaikan yaitu Rp. 50.000,- untuk weekday (Senin-Jumat) dan Rp. 100.000,- untuk weekend.

Baca juga :  Berikut Harga Resmi Cortez CT dan Confero S ACT

Rangkaian GIIAS 2022 the Series akan dimulai pada 11-21 Agustus 2022 di BSD City, Tangerang. Kemudian dilanjutkan dengan penyelenggaraan GIIAS Surabaya pada 14 – 18 September 2022 di Grand City Convex, lalu GIIAS Medan pada 5 – 9 Oktober 2022 di Santika Premier Hotel and Convention, serta GIIAS Makassar pada 16 – 20 November 2022 di Celebes Convention Center.[po/Byn]