JAKARTA – Usia Suzuki Cary di pasar Indonesia sangat tua, yakni 47 tahun. Hebatnya lagi, di tahun 2023, New Suzuki Cary masih menjadi kendaraan komersial paling laris di Indonesia.

Masuk Indonesia tahun 1977, di awal tahun 80-an Carry yang dibawa masuk oleh Alm. Subronto Laras, sudah menguasai pasar Indonesia. Hemm, dominasi Cary di Indonesia bertahan nyaris setengah abad.

Di kelas kendaraan komersial ini, Suzuki Cary yang kini hanya tersedia dalam model pick-up, bersaing dengan Daihatsu Grand Pick-Up yang juga hadir dengan model van, Mitsubishi Colt L300, Toyota Dyna, hingga Wuling Formo.

Dalam keterangannya, Suzuki Indonesia menjelaskan, secara nasional, angka penjualan Suzuki Carry adalah sebesar 44.391 unit untuk total penjualan retail selama satu tahun sekaligus berkontribusi sebesar 54% untuk penjualan retail Suzuki secara keseluruhan.

Baca juga :  Beli Unit Suzuki di Akhir Tahun Dapatkan Liburan ke Jepang

Bahkan di Desember 2023 lalu, penjualan New Carry yang dibandrol mulai 166.500.000, juga mengalami peningkatan sebesar 26%.

Performa penjualan yang positif dari New Carry yang punya jargon Rajanya Pick-Up ini, tentunya dipengaruhi pula oleh pertumbuhan ekonomi Indonesia yang turut meningkatkan produktivitas bisnis para pelanggan kendaraan komersial Suzuki.

Randy R. Murdoko, Asst. to Dept. Head of 4W Sales PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) saat media gathering pada pertengahan Januari mengatakan, sepanjang tahun 2023, New Carry berhasil mendominasi market share penjualan low pick up nasional sebesar 49%,” kata

Baca juga :  30 Januari 2019, Toyota New Avanza Dijual Cuma Rp50 juta !

Ditambahkannya, Suzuki Carry sangat diminati oleh pelaku bisnis dan pengusaha di Indonesia, khususnya untuk daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) yang menjadi kontributor utama penjualan New Carry sebesar 27%.

Mobil komersial ini memiliki daya tarik besar di daerah lainnya pula seperti Jawa Tengah & Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, serta Bali karena dinilai fungsionalitasannya dalam mendukung bisnis para wirausahawan sehari-hari.

Selain itu, ketersediaan layanan service point yang menjangkau daerah terpencil dengan jarak hingga 30 Km dari pusat kota juga menambah rasa tenang bagi para pemilik Suzuki Carry. 

Baca juga :  Di GIIAS 2023, Mobil Listrik Chery OMODA 5 EV Tampil Perdana: Premium  “Come From Future”

Usia boleh tua, namun seiring perubahan zaman, Suzuki Carry terus berkembang menjadi mobil komersial yang selalu siap menjadi kawan pengusaha dalam membawa beragam jenis barang. Di usia jelang setengan abad, Carry masih mentereng namanya. {PO/Mir}