JAKARTA – Great Wall Motor (GWM) memperkuat eksistensinya di pasar global lewat peluncuran produk sekaligus debut di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Tidak tanggung-tanggung, GWM meluncurkan tiga model sekaligus yakni Haval, Tank, dan Ora. Inchcape plc (Inchcape) akan mengoperasikan distribusi kendaraan energi baru GWM dalam usaha kemitraan (joint venture) bersama PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (Indomobil). Dalam joint venture ini, Inchcape memegang 70% saham dan Indomobil memegang 30% saham.

GWM sendiri telah mendirikan jaringan penjualan global dan produk-produknya telah diekspor ke lebih dari 170 negara dan wilayah, dengan lebih dari 700 titik penjualan di seluruh dunia. Pada tahun 2022, GWM menjual sebanyak 1.067.523 kendaraan, yang menjadi tahun ke-7 secara berturut-turut dengan penjualan lebih dari satu juta unit. Pada akhir tahun 2022, GWM mengakumulasi penjualan global sebanyak 12 juta unit, di mana volume penjualan secara total di luar China mencapai 1,17 juta unit.

Pasar ASEAN merupakan market strategis untuk GWM dan merupakan salah satu titik penunjang penting bagi operasi GWM secara global. Pada akhir tahun 2022, GWM telah resmi memasuki empat pasar baru yakni Thailand, Malaysia, Laos dan Myanmar, serta mulai beroperasi di Filipina, Kamboja, Vietnam, Singapura, diikuti oleh Indonesia.

Baca juga :  Mitsubishi Outlander Phev Jangan Diparkir di Area Outdoor

“Hari ini kami dengan senang memperkenalkan tiga rangkaian produk unggulan kami: HAVAL, TANK dan ORA ke pasar Indonesia. Rangkaian produk ini telah diakui secara global untuk kualitas, performa dan inovasi, dan kami yakin konsumen Indonesia juga akan terkesan dengan kendaraan-kendaraan yang kami tawarkan,” ujar Clyde Cheng, President of Great Wall Motor ASEAN.

HAVAL, dikenal sebagai kendaraan SUV yang dinamis dan serbaguna untuk konsumen yang memiliki jiwa petualang. Kenyamanan on-road dan kemampuan off-road yang ditawarkan HAVAL memberikan pengalaman mengemudi yang berkesan di segala medan.

Kemudian, TANK fokus pada segmen off-road, yang dapat melalui medan-medan sulit. Dirancang untuk menghadapi tantangan paling berat, TANK menawarkan performa unggul, fitur keamanan canggih dan ketangguhan.

Pada bulan Agustus 2022, rangkaian TANK secara resmi meluncurkan roadmap teknologi “off-road + new energy” dan arsitektur off-road super hybrid. Sepanjang tahun 2022, penjualan TANK melebihi 200.000 unit di pasar China.

Baca juga :  Program Year end Sale, Suzuki Berikan Banyak Penawaran Menarik

Kemudian, ORA merupakan model yang dirancang khusus oleh GWM sebagai rangkaian kendaraan listrik (EV). Tidak hanya teknologi pintar untuk pengalaman mengemudi yang nyaman dan keamanan secara menyeluruh, tetapi juga desain Retro Futuristic yang akan memperkaya gaya hidup penggunanya.

Walaupun setiap rangkaian memiliki gaya tersendiri dengan target pasar masing-masing, semua lini GWM memiliki satu kesamaan yakni berfokus pada Energi Baru.

Kehadiran kendaraan GWM akan mendukung inisiatif pemerintah Indonesia untuk meningkatkan populasi kendaraan listrik di Indonesia.

Ekspansi GWM ke Indonesia dari awal menjadi bagian dari visi jangka panjangnya untuk menghadirkan kendaraan premium mass kelas dunia ke konsumen di seluruh dunia.

Untuk dapat memenuhi kebutuhan global, GWM telah mendirikan pusat R&D serta pusat inovasi teknologi di berbagai negara, di antaranya China, Amerika Serikat, Kanada, Jerman, Austria, Jepang, Korea Selatan dan India.

“Sebagai salah satu pasar otomotif terbesar di wilayah ASEAN, Indonesia memiliki peran penting dalam strategi GWM di wilayah ini. Kami optimis bahwa kami dapat mengambil peran di industri otomotif Indonesia melalui kemitraan kami dengan Inchcape,” ujar Clyde Cheng.

Baca juga :  TAM Resmi Pasarkan Toyota C-HR SUV Hybrid di Indonesia

Khoo Shao Tze, President Director of PT Inchcape Automotive Indonesia juga mengaku senang bisa menghadirkan kendaraan GWM ke Indonesia.

“Sebuah langkah penting untuk bisa mencapai ambisi jangka panjang kami, mempercepat kemajuan energi baru di Indonesia. Dengan standar kualitas internasional terbaik serta jaringan distribusi kami yang kuat, kami yakin ketiga rangkaian GWM akan menjadi pilihan yang disukai masyarakat Indonesia, terutama untuk kendaraan hybrid dan listrik,” terangnya.

GWM berencana untuk menjual HAVAL, TANK dan ORA di kuartal pertama tahun 2024, memprioritaskan kota-kota besar sebagai tahap awal.