MALANG – Honda Bikers Day 2023 berlangsung semarak di Lapangan Rampal, Malang, Jawa Timur, Sabtu (28/10/23). Puluhan ribu bikers datang dari seluruh Indonesia.

Namanya Sandy Pikhacu. Dia sudah berhari-hari menggeber sepeda motor meninggalkan kampung halaman di Papua. Dia ingin hadir di Honda Bikers Day (HBD) 2023.

Setelah menggapai Pulau Jawa, motornya ditinggal di Jakarta, dia terbang ke HBD Regional di Lampung, Pontianak dan Manado. Pada puncaknya, Sandy hadir di HBD 2023 nasional di Malang. Bikers lainnya juga membelah aspal dari ujung Barat, Aceh.

Sementara itu, Pak Ujang juga menunjukkan antusias yang tinggi pada event HBD. Peserta HBD 2023 ini sangat spesial karena bermotor dari Sumatera Barat di usianya yang ke 66 tahun.

General Manager Marketing Planning and Analysis PT Astra Honda Motor Andy Wijaya menjelaskan, antusias bikers pada HBD 2023 sangat tinggi. Karena paska pandemi Covid-19, selama tiga tahun HBD tidak digelar.

Baca juga :  Daihatsu Terios, Semakin Nyaman Dengan Fitur Kekinian

Secara total peserta HBD 2023 berjumlah 34.500 bikers. HBD Nasional Malang tembus 25.000 bikers sementara HBD regional Sumatera 5.000 bikers, HBD Pontianak 2.500 dan HBD Manado 2.000 peserta.

HBD yang memasuki tahun penyelenggaraan ke-12 ini mengangkat tema ”Bersama Penuh Arti” yang memiliki makna mendalam, yakni saling menemani meraih mimpi sekaligus merasakan kesenangan berkendara bersama komunitas Honda yang tersebar di seluruh Indonesia.

HBD 2023 menjadi yang spesial, karena tiga tahun absen. HBD 2023 juga digelar bersamaan dengan peringatan Sumpah Pemuda. “Dengan semangat sumpah pemuda, senoga bikers bisa membawa suasana yang damai untuk Indonesia,” ujar Andy Wijaya.

Baca juga :  Gandeng Evalube, Legend Riders Touring Jelajah Sumatera Sejauh 1.700 Km

Sebanyak 34.500 bikers Honda yang berasal lebih dari 750 club dari seluruh Indonesia ini bersatu dalam gathering akbar Honda Bikers Day (HBD) 2023. 

Semangat brotherhood atau persaudaraan antar bikers sangat kental mewarnai suasana pesta akbar tahunan para pecinta sepeda motor Honda ini.

Kegiatan Inspiratif

Di Lapangan Rampal, Sandy, Pak Ujang dan ribuan bikers lainnya bertemu, bertatap muka dan menjalin komunikasi. Spesialnya, mereka disuguhkan rangkaian kegiatan spesial ala bikers.

Para bikers melakukan kegiatan sosial, berupa pemberian prasarana tenda kepada UMKM untuk mendukung usahanya di sekitar Lapangan Rampal. 

Selain itu, perwakilan komunitas Honda dari berbagai provinsi yang diinisiasi para Ketua Paguyuban komunitas Honda melakukan gerakan pelestarian peninggalan budaya, yakni membersihkan areal Candi Singosari dan penambahan jumlah tempat sampah.

Baca juga :  Nasionalisme ROC dalam Touring West Java Free Rides

Bikers juga disuguhkan berbagai aktivitas seperti games seru yang semakin menguatkan kebersamaan para bikers Honda, antara lain berbagai games perorangan dan kelompok, pameran penjualan official merchandise, lapak bikers, pameran produk sepeda motor Honda, test ride sepeda motor Honda, pertunjukan musik, hingga kontes modifikasi.

Puluhan ribu bikers terpesona dengan hiburan penutup musik koplo okeh OM Adella serta penampilan biduan yang tengah ngetop Happy Asmara. [PO/Mir]