HOCKENHEIM – Ajang balap F1 German Grand Prix yang berlangsung Minggu (28/7) kemarin, di sirkuit Hockenheim, Jerman. Max Verstappen dari tim Aston Martin Red Bull Racing sukses berhasil menduduki podium pertama.

Sementara itu Daniil Kyvat dari tim Toro Rosso menduduki posisi ketiga. Sirkuit lintasan basah karena terguyur hujan, membuat para pembalap Honda ini mengawali balapan dengan posisi yang kurang menguntungkan.

Sempat tertingal dari pebalap lain, Max dapat mampu mengejar ketertinggalannya dengan menyesuaikan kondisi lintasan basah, Melihat para pembalap sempat melakukan beberapa kali pit stop. Max juga menggunakan kesempatan tersebut untuk berganti ban, pilihanya menganti ban membuat Max sukses memimpin balapan, sementara itu Daniil juga sempat melesat ke posisi kedua.

Ditengah kompetisi yang semakin sengit, keempat pembalap Honda yang terdiri dari 4 orang, yakni Max Verstappen, Pierre Gasly, Daniil Kyvat dan Alex Albon berpeluang untuk mencetak poin, sebelum Alex dan Pierre secara tidak sengaja mengalami kecelakaan saat mengejar posisi keenam sehingga Pierre harus mundur dari balapan.

Baca juga :  MotoGP 2023 Selesai, Francesco Bagnaia Kembali Juara Dunia!

Kemenangan ini merupakan kemenangan kedua Red Bull Honda di musim 2019 setelah GP Austria lalu. Sementara untuk tim Toro Rosso Honda akhirnya meraih podium pertamanya sejak bermitra dengan Honda. Hasil ini juga sekaligus menjadi momen dimana dua tim Honda sukses meraih podium sekaligus sejak GP Portugal tahun 1992.

Menyambut kemenangan tersebut, Toyoharu Tanabe sebagai Technical Director Honda Racing F1 mengatakan, “Ini adalah sebuah pencapaian yang fantastis dengan kemenangan Max dan Daniil sehingga dua tim Honda dapat menduduki podium. Ajang balap kali ini benar-benar sulit karena pergantian cuaca dari basah menjadi kering, Kami akan merayakan hari yang bersejarah ini, dengan tetap fokus ke balapan minggu depan di Hungaria.”

Baca juga :  Hasil MotoGP Jerman, Marquez Genapi Kemenangan Ke-10

Sementara itu, Max Verstappen mengatakan, “Saya tidak benar-benar mengetahui apa yang terjadi pada awalnya, namun kelihatannya semua orang di sisi kanan jalan memiliki cengkraman yang rendah ke jalan sehingga mengalami kesulitan. Saya juga mengawali balap ini dengan tidak begitu baik, namun saya berusaha untuk tetap tenang dan mengikuti mobil di depan saya,”

Lebih lanjut Max menambahkan, “Terasa sulit untuk mendahului karena udara yang kotor dan bagian roda mulai mengalami kesulitan saat jalanan mulai kering. Namun akhirnya saya berhasil mengontrol jalannya balap ditengah kondisi sulit, dengan didukung tim yang memberikan informasi dan terus mengawasi jalannya balap. Saya benar-benar berterima kasih kepada seluruh tim atas kemenangan ini.”

Baca juga :  Honda F1 Raih Podium Pertama di Era Turbo Hybrid GP Austria

Di posisi ketiga, pembalap Daniil Kyvat juga berkomentar, “Benar-benar luar biasa dapat kembali ke podium setelah saya berpikir hal itu tidak mungkin terjadi lagi. Pencapaian ini sangat fantastis mengingat podium terakhir kami bersama Toro Rosso terjadi 11 tahun yang lalu bersama Sebastian di Monza. Balapan ini tidak mudah, namun saya dan tim berhasil bekerjasama dalam memenangkan kompetisi pada hari ini.” [Po/Ajr]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *