JAKARTA – BMW Indonesia dan BMW Eurokars meluncurkan dua model ‘buas’ terbaru secara bersamaan yakni BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition, Kamis, 7 Juli 2022 di dealer BMW Eurokars, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Kendaraan segmen Sports Activity Vehicle (SAV) dan Sports Activity Coupe (SAC) sudah diperkenalkan sejak tahun 2020 silam. “BMW Eurokars sangat senang dapat kembali menghadirkan kendaraan performa tinggi BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition. Penyegaran yang hadir luar biasa tetapkan tolak ukur untuk keunggulan dinamis, kelincahan, serta desain yang ekspresif di kelas masing-masing,” kata General Manager BMW Eurokars, Sivakumar Krishnan.

Ia menambahkan, kedua kendaraan ini hadir dengan penambahan torsi hingga 650 Nm dan untuk capai 0 ke 100 km/jam kini dapat diraih hanya dalam 3,7 detik. “Menjadikan kedua kendaraan ini masuk di segmen sports car dibawah 4 detik,” lanjutnya.

Baca juga :  Dibanderol Rp1,9 Miliar, All New BMW X6 Menyasar Kaum Borjuis

Mesin 6 silinder in-line di BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition kini dilengkapi dengan crankshaft ringan yang ditempa dari model BMW M3 dan M4. Desainnya memungkinkan transmisi torsi yang sangat tinggi, sementara bobotnya yang rendah dan massa putar yang berkurang juga menguntungkan tenaga putaran mesin.

BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition catatkan output sebesar 510 hp. Mesin yang baru ini meningkatkan torsi puncak BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition yang semula 600Nm menjadi 650 Nm.

Baca juga :  Ini Dia Program Penjualan Mitsubishi Bulan November 2020

Kedua model Competition ini dapat melesat dari 0-100 km/jam setara dengan sports car hanya dalam waktu 3,7 detik dari 4 detik di model sebelumnya. Sedangkan top speed kedua model adalah 250 km/jam yang diatur secara elektronik.

“Dengan output 510 Hp membuat kendaraan ini menjadi BMW M dengan mesin M terkuat. Dilengkapi dengan fungsionalitas dan kenyamanan untuk perjalanan jarak jauh,” sambung Director of Communications, BMW Group Indonesia, Jodie O’tania.

Mesin terbaru ini didukung transmisi Steptronic M delapan percepatan dengan Drivelogic dan menggunakan sistem all-wheel-drive M xDrive baru. Sistem M xDrive memiliki bias roda belakang dan menawarkan pengemudi BMW X3 M dan BMW X4 M dua mode mengemudi AWD.

Baca juga :  Industri Otomotif "Amsyong" di Era Pandemi, MMKSI Berhasil Bertahan

Kedua model tersebut sudah dilengkapi dengan BMW Live Cockpit Professional. Termasuk layanan digital inovatif berdasarkan BMW Operating System 7, seperti BMW Intelligent Personal Assistant yang memungkinkan interaksi antara pengemudi dan kendaraan.

Control Display 12,3 inci yang kini dipasang sebagai standar. Teknologi itu juga mendukung pengendalian dengan suara (Voice Command) dan gerakan tangan (Gesture Control) membantu pengendara dalam mengoperasikan fungsi kendaraan.

BMW X3 M Competition ditawarkan dengan harga Rp 2.117.000.000 off-the-road dan BMW X4 M Competition ditawarkan dengan harga Rp 2.167.000.000, off-the-road. [Po/Sny]