JAKARTA – Ducati merilis model edisi spesial Panigale V4 SP2 30th Anniversary 916. Motor ini dirilis sebagai perayaan ulang tahun tahun ke-30 model 916 yang diproduksi sangat terbatas hanya sebanyak 500 unit.

Panigale V4 SP2 30th Anniversary 916 menggendong mesin 1.103cc V-4 dengan tenaga mencapai 215 hp. Motor buas ini dikembangkan dari DNA balap Ducati serta mewakili simbol sejarah desain pabrikan asal Bologna, Italia ini.

Desain corak dibuat oleh Centro Stile Ducati, terinspirasi dari grafis motor balap Ducati yang memenangkan Kejuaraan Dunia Superbike bersama pembalap Carl Fogarty pada tahun 1999.

“Panigale V4 SP2 30th Anniversary 916 diproduksi dalam seri bernomor dan terbatas sebanyak 500 unit. Seperti motor balap yang mengambil inspirasi coraknya, ia ditawarkan dalam konfigurasi satu tempat duduk saja dan diperkaya dengan pelat kemudi aluminium billet dengan ukiran laser pada nama model dan nomor progresif,” ujar CEO Ducati Indonesia Jimmy Budhijanto dalam keterangan resminya.

Baca juga :  Ini Dia Line Up Andalan Kawasaki di IIMS 2022

Bicara spesifikasi, Panigale V4 SP2 30th Anniversary 916 memanjakan penggunanya dengan komponen premium. Panigale V4 SP2 30th Anniversary 916 memiliki tutup tangki bahan bakar balap yang dibuat dari aluminium billet, saluran udara untuk mendinginkan rem depan, pelindung panas knalpot, sayap dengan desain profil ganda, dan spatbor depan berbahan serat karbon.

Velg berbahan magnesium dengan palang bermotif Y, diklaim mengurangi bobot roda sebesar 1,2 kg dibandingkan velg Marchesini pada V4 S dan 3,4 kg dibandingkan dengan Panigale V4. Momen inersia berkurang sekitar 26% di depan dan 46% di belakang, menjadikan motor lebih lincah, tidak bikin lelah, dan lebih presisi saat berakselerasi.

Baca juga :  AHM Resmi Luncurkan Motor Sport Adventure Touring New CB150X

Di sektor pengereman, motor ini menggunakan kaliper Brembo Stylema dan saluran pendingin, untuk efisiensi pengereman yang tinggi dan pergerakan tuas yang konsisten bahkan di lintasan balap. Kemudian, silinder master Brembo MCS dengan pengatur jarak jauh memungkinkan penyesuaian ‘feeling’ dan jarak dari stang secara sederhana.

Selain itu, motor ini juga dilengkapi dengan Ducati Quick Shift Up & Down, sistem akuisisi data Ducati Data Analyzer+, serta kit siap pakai yang memperkaya pengalaman berkendara para penggemar Ducati.

Baca juga :  Sejak Diperkenalkan Harga Honda Forza Naik 3 kali

Peluncuran resmi Panigale V4 30th Anniversary 916 berlangsung dalam acara pembukaan EICMA 2023 dengan pengumuman penting terkait Pekan Ducati Dunia 2024 yang akan diadakan pada Juli mendatang di Sirkuit Misano “Marco Simoncelli”.