JAKARTA – Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, secara spesial dibuka oleh Presiden Joko Widodo, Kamis Pagi (16/2/2023). Pameran otomotif di JiExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat ini akan berlangsung hingga 26 Februari 2023.

Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo, Daswar Marpaung, di JiExpo, Jakarta, Rabu (15/2/2023) mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah dijadwalkan membuka pameran tersebut.

“Kehadiran Presiden sangat diharapkan para peserta. Sejumlah brand sangat berharap beliau berkunjung ke booth mereka,” kata Daswar.

Pameran tahun kedua setelah serangan Covid 19, IIMS mendapat apresiasi tinggi dari produsen otomotif nasional. Jumlah peserta terdaftar sebanyak 165 merek, dan dari jumlah itu, 45 di antaranya merupakan merek otomotif baik roda empat maupun roda dua. Menyelip juga merek kendaraan listrik.

Baca juga :  GIIAS 2019 Mengusung Tema "Future in Motion"

Untuk kendaraan roda empat antara lain, Daihatsu, BMW, Chery, DFSK, Honda, Hyundai, Mitsubishi, MG, Subaru, Suzuki, Toyota,Wuling, Audi, Citroen, KIA, Nissan, Volkswagen (VW), dan Esemka.  

Sedangkan jajaran kendaraan bermotor roda dua ada Astra Honda Motor, Benelli-Keeway, Energica, Husqvarna, Italjet, KTM, Niu, Royal Alloy, Royal Enfield dan Yamaha.

Brand motor listrik juga menyeruak. motor listrik. Yakni Gelis, Ion Mobility, Rakata, Selis, Smartby, serta Yadea.

IIMS menjadwalkan mobil dan motor baru yang bakal diluncurkan di hajatan ini sekitar 11 model.

Baca juga :  All New Ertiga Suzuki Sport Tampil di GIIAS Surabaya

Selain pameran otomotif, IIMS 2023 juga dijejali aksi lifestyle dengan tampilnya sejumlah artis papan atas Indonesia. Mereka akan beraksi setiap hari selama IIMS 2023 berlangsung.

Untuk tiket masuk dibanderol  Rp50.000  yang berlaku hari Senin hingga Kamis. Sementara tiket masuk Jumat-Minggu dibanderol Rp85.000 dan premium tiket Rp150.000.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, Taufiek Bawazier mengatakan, hajatan IIMS sangat penting bagi insan otomotif nasional.

Selain pameran dan penjualan, IIMS juga memperkenalkan sekaligus mengedukasi dan memasyarakatkan kendaraan teknologi ramah lingkungan seperti kendaraan listrik baik roda dua maupun empat.

Baca juga :  Tak Terpengaruh Isu Corona, IIMS 2020 Tetap Sesuai Jadwal

“IIMS menjadi stimulan dan trigger bagi industri otomotif nasional untuk menggeliat. Sebab, produknya terjual dan masyarakat mengenal produk-produk baru. IIMS 2023 ini memiliki arti dan peran yang strategis bagi perkembangan industri di Tanah Air, khususnya industri otomotif dan produk pendukungnya,” ungkap Taufiek. {PO/Haz}