JAKARTA – Delapan tahun mengarungi pasar mobil LCGC menempatkan Astra Daihatsu Sigra sebagai mobil pilihan keluarga di Indonesia.

Astra Daihatsu Sigra merupakan salah satu pelopor kendaraan LCGC. Dalam perjalananya, pasar menerima dengan baik hingga menempatkannya sebagai Best Value Family Car in Indonesia.

Secara kapasitas, mobil 7 penumpang ini memang cocok bagi keluarga muda Indonesia. Mobil tujuh kursi kerap menjadi pilihan, agar bisa membawa lebih banyak anggota keluarga di dalamnya.

Dikutip dari website Daihatsu Indonesia, Sigra menjadi kontributor utama penjualan Daihatsu secara nasional, dan telah terjual lebih dari 370 ribu unit sejak peluncuran perdananya pada 2016.

Selama tahun 2023, Sigra menjadi pilihan utama keluarga Indonesia di segmen pasar LCGC MPV yang berkontribusi sebesar 58%, dengan total penjualan sebanyak 63.285 unit.

Pada periode hingga Mei 2024, Sigra tetap menjadi pilihan utama keluarga Indonesia, dan mengalami kenaikan dengan kontribusi sebesar 61% di segmen pasar LCGC MPV, atau sebanyak 25.674 unit.

Baca juga :  Honda Brio Laris Manis di IIMS 2021

Secara spesifikasi, Sigra memiliki 2 pilihan mesin, yakni 1.0L berteknologi 1KR-VE DOHC VVT-i dan 1.2L (3NR-VE DOHC Dual VVT-i) dengan performa yang bertenaga dan efisiensi bahan bakar tetap optimal.

Eksterior Sigra tampil sporty dengan sentuhan kombinasi grill serta smoked LED berwarna gelap, ditambah dengan shark fin Antenna yang modern. Dengan radius putar 4,5 meter, serta sistem kemudi bertipe EPS (Electric Power Steering) membuat manuver Sigra semakin nyaman dan mudah dikendarai melewati area perkotaan.

Sigra juga tampil dinamis berkat desain baru velg berdiameter 14’ inch, serta electric retractable mirror yang dapat memudahkan pengendara ketika harus melipat kaca spion saat sedang parkir atau berpapasan dengan mobil lain di jalan sempit yang tersedia mulai pada varian R.

Baca juga :  Teknologi Baru di Suspensi All New Brio, Makin Asik Dipakai Slalom

Pada bagian interior, suasana kabin Sigra memiliki nuansa sporty dan elegan dengan sentuhan warna gelap pada area dashboard, headlining, sunvisor, assist grip, rear air circulator, dan frame lampu interior.

Sigra juga dilengkapi dengan 2DIN Touchscreen audio yang modern dengan fitur yang dapat memanjakan penumpang selama perjalanan dan dapat dipilih mulai pada varian R.

Sebagai kendaraan LCGC yang hemat bahan bakar, ramah lingkungan, serta harga yang kompetitif di kelasnya, Sigra juga telah dibekali dengan sederet fitur keselamatan dan keamanan yang lengkap sejak awal diluncurkan.

Fitur keamanan tersebut antara lain, rear parking sensor dan immobilizer pada varian M, Dual SRS Airbag dan Front Seat Belt with Pretensioner Force Limiter mulai dari varian X.

Sigra juga dilengkapi fitur keselamatan canggih seperti ABS (Antilock Brake System) & EBD (Electronic Brakeforce Distribution) untuk memaksimalkan performa pengereman agar lebih aman dan optimal yang tersedia pada varian AT (Automatic Transmission). Ditambah, fitur Rear Parking Camera dan Front Corner Sensor yang tersedia pada pada varian R dan R Deluxe.

Baca juga :  Mobil Berbasis Listrik DFSK Mejeng di GIIAS 2019

Daihatsu Sigra tersedia dalam beberapa varian mulai dari D, M, X, dan R, serta 7 pilihan warna yang dapat dipilih sesuai dengan selera keluarga Indonesia. Pelanggan juga dapat memiliki Sigra dengan harga mulai dari Rp 138.200.000 – Rp 183.600.000 (OTR DKI Jakarta). {PO/Mir}