JAKARTA – Membiasakan diri si kecil untuk dapat duduk mengunakan sefety belt (sabuk pengaman) saat berkendara sudah harus dibiasakan sejak usia dini, salah satunya mulai diawali membiasakan anak untuk duduk di baby car seat selama perjalanan di dalam mobil, guna miminimalkan cidera saat terjadi tabrakan.

Dokter spesialis anak yang berpraktek di RSMC, dr. Maudy. Sp.A mengungkapkan. “Keselamatan anak saat berkendara merupakan kewajiban orang tua untuk menghindari akibat fatal jika terjadi kecelakaan lalu lintas, penggunaan alat pengaman saat berkendara di mobil dengan car safety seat untuk anak perlu di biasakan sejak usia dini.”

Pola pembiasaan ini akan menyadarkan anak secara langsung akan pentingnya keselamatan saat berkendara sejak usia tumbuh kembang.

Proses pengunaan Baby car seat juga haruslah sesuai dengan aturan yang berlaku.

Baca juga :  Pertamina Tantang Jurnalis Indonesia untuk “Move On” 2019

Bila mengacu pada peraturan Baby Car Seat yang berlaku pada United Nations standard, ECE Regulation 44-33, ada beberapa tips bermamfaat dalam memilih Baby car seat untuk si buah hati, yang di bagi menjadi beberapa tingkatan golongan group, ;

1. Group 0, Rearward –Facing Baby Seat, khusus untuk bayi yang baru lahir hingga berat badan mencapai maksimal 13 Kg, untuk yang Combination Seat (Rearward and Forward-Facing) dapat digunakan hingga bayi 0-18Kg usia 0-4 tahun.

Saat pemakaian rearward-facing baby posisi pemasangan menghadap ke belakang posisi kendaraan, dengan posisi bayi berbaring, mengindari benturan karena pada usia ini bentuk tulang bayi masih rentan.

Berbaring ini sangat aman melindungi bayi pada bagian kepala, leher dan tulang belakang, sangat tidak di anjurkan penempatan baby car seat pada kursi baris paling depan, terlebih bila kendaraan terdapat fasilitas airbag.

Baca juga :  HPM Sukses Lakukan Penjualan Tertinggi Ketiga Tipe Honda Ini

2. Group 1, Forward- Facing Child Seat, digunakan pada anak dengan berat badan mencapai 9 Kg hingga 18 Kg, usia 9 bulan – 4 tahun.

Pada Car seat jenis ini sangat disarankan bila ingin memposisikan anak pada posisi duduk Front-facing seats (menghadap depan) sangat di anjurkan usia anak menginjak 2 tahun, atau kaki bayi sudah tertekuk dan menyentuh dinding belakang jok mobil.

3. Group 2, High – Backed Booster Seat, untuk anak usia 4-6 tahun dengan berat antara 15-25 Kg.

4. Group 3, Booster Cushion, car seat tipe ini saat anak mencapai berat badan 22 – 36 Kg atau usia anak menginjak 6 – 11 tahun.

Baca juga :  Bukan Cuma Ban Kering & Basah, Ternyata Ada 8 Jenis & Tpe Ban

Beberapa hal penting juga perlu di perhatikan saat pemasangan Baby Car seat, pastikan terpasang dengan baik dan aman pada jok mobil serta sabuk pengaman yang tidak mudah bergeser, untuk jenis kendaraan terbaru biasanya produsen mobil telah menyediakan kaitan kusus untuk pemasangan baby car seat.

Di berbagai negara maju telah memiliki aturan ketat dan mewajibkan setiap anak mengunakan car seat saat diajak berkendara. [Po/Ajr]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *