JAKARTA – Brand kendaraan listrik global asal China BYD secara resmi masuk pasar Indonesia. Momen ini ditandai dengan grand launching besar-besaran di TMII Jakarta, Kamis (18/1/24).

Pada kesempatan ini dua Menko secara spesial memberikan sambutan melalui video, yakni Menko Perekonomian Airlangga dan Menko Maritim & Investasi Luhut Panjaitan.

Keduanya sepakat menyampaikan kegembiraannya atas investasi BYD di Indonesia. Sebagaimana disampaikan, dalam pengembangan bisnisnya, BYD menjadikan Indonesia sebagai basis produksi kendaraan listrik di Asia Tenggara (Asteng).

Ini merupakan kerja keras dan komitmen bersama dalam memajukan kendaraan listrik di Indonesia. “Semoga masyarakat Indonesia segera beralih ke kendaraan listrik,” ujar Luhut.

Acara juga dihadiri sejumlah pejabat dari beberapa kementrian RI, duta besar Cina untuk Indonesia serta perwakilan KADIN. Sementara dari pihak BYD hadir GM of BYD Asia Pacifik Auto Sales Div Liu Xueliang dan Presdir PT BYD Motor Indonesia Eagle Zhao serta Operational Director PT BYD Motor Indonesia, Nathan Sun.

Liu Xueliang, General Manager BYD Asia-Pasifik mengungkapkan, Grand Launching ini merupakan momentum luar biasa bagi BYD karena secara resmi hadir untuk konsumen Indonesia, memberikan pilihan mobil-mobil energi baru yang inovatif dan memiliki manfaat yang berkelanjutan.

“Teknologi yang BYD miliki telah mendapatkan respon luar biasa dari konsumen global dan kami sangat antusias untuk mendapatkan respon positif dari pecinta otomotif di Indonesia,” ujar Xueliang.

Baca juga :  Brio dan HR-V jadi Model Terlaris Honda Sepanjang Tahun 2020

BYD Produksi 1 Juta Kendaraan Listrik di Indonesia

Dalam kedatangan perdananya di Indonesia, BYD menyalurkan investasi sekitar 1,3 trilyun rupiah. Investasi tersebut digunakan sebagai sarana dan prasarana produksi yang mampu menyerap ribuan tenaga kerja.

Ditargetkan, BYD Indonesia akan melakukan produksi kendaraan listrik dengan target 1 juta unit setahun. Kendaraan masa depan ini sebagain besar akan dipasarkan di Indonesia dan sebagian lainnya untuk keperluan ekspor.

BYD Merek China terkemuka di Kendaraan Listrik

Build Your Dream (BYD) Company Limited atau BYD adalah perusahaan teknologi dan manufaktur yang didirikan oleh Wang Chuanfu pada tahun 1995, berpusat di Shenzhen, Guangdong, Cina. BYD adalah perusahaan teknologi tinggi yang mengabdikan diri pada inovasi teknologi untuk kehidupan yang lebih baik.

Perusahaan ini telah mendirikan lebih dari 30 kawasan industri di seluruh dunia dan telah memainkan peran penting dalam industri yang terkait dengan elektronik, mobil, energi baru, dan transit kereta api.

Sebagai pelopor global dalam Solusi Energi Baru, BYD didedikasikan untuk membangun ekosistem tanpa emisi. Sejak didirikan, BYD memiliki dedikasi yang tinggi akan membangun zero emission ecosystem dengan memproduksi berbagai teknologi terdepan yang ramah lingkungan. Hal ini didukung oleh keinginan BYD untuk masa depan yang berkelanjutan melalui elektrifikasi.

Baca juga :  Ini 5 Dampak Terburuk Jika Terlambat Ganti Oli Mobil

Harapan BYD adalah agar penduduk bumi dapat hidup dengan udara bersih di masa mendatang. Selain kendaraan, BYD memiliki solar panel atau tenaga surya yang akan segera menjadi sumber energi terbesar bagi kota-kota di masa depan, sehingga sangat memungkinkan ekosistem perkotaan berjalan lebih lancar.

BYD memiliki empat produk unggulan, yaitu kendaraan mobil EV, Rail Transit, berbagai jenis alat elektronik juga Solusi Energi Baru atau Renewable Energy. Secara garis besar, BYD sudah ada di 400 kota, 70 negara, dan 6 benua.

Per tahun 2023, BYD sudah menjual hingga 3.000.000 kendaraan penumpang energi baru di seluruh dunia.

BYD telah bekerja pada elektrifikasi transportasi umum perkotaan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca global, dan memiliki visi untuk “Mendinginkan Bumi Dengan 1°C”. Per 19 April 2022, BYD menghemat 10.756.330.036 kg emisi karbon atau setara dengan menanam sekitar 896.360.836 pohon.

BYD Hadirkan 3 Model Kendaraan Listrik

Sebagai pemimpin global industri New Energy Vehicle (NEV), pada peluncuran jenama dan produk perdana ini, BYD memperkenalkan tiga EV mutakhir  yaitu, BYD Seal, BYD Atto3 dan BYD Dolphin.

Baca juga :  Peugeot Indonesia Tak Ingin Buru-Buru Jualan Mobil Listrik

Ketiga produk ini merupakan produk berenergi baterai yang unggul,  berkualitas tinggi, efisien, nyaman, dan ramah lingkungan, dan sudah teruji secara global dengan jumlah produksi yang tinggi dan pendistribusian kepada hampir 70 negara di dunia.

Ketiga model yang kini resmi diluncurkan di Indonesia juga telah mendapatkan berbagai penghargaan. Pada penghujung tahun 2023, BYD Atto3 dinominasikan sebagai “VAB Family Car of the Year 2023”.

Tak kalah hebatnya, BYD Dolphin dinominasikan sebagai “Best Buy Car of Europe 2024”, dan BYD Seal termasuk di antara tujuh finalis “European Car of the Year 2024 Award” dan telah diapresiasi secara global pada ajang iF Design Award.

Seluruh pencapaian ini menjadi kebanggan yang sangat berarti dan menjadi bukti bahwa BYD memiliki tingkat desain yang superior dan inovatif, berkualitas berteknologi tinggi. {PO/Mir}