JAKARTA: Puluhan bikers perempuan di Ibukota merayakan Hari Kartini dengan cara unik. Tampil cantik dengan kebaya mereka bermotor keliling Jakarta.

Nama komunitas ini adalah “Main Cantik Indonesia”, yang kebetulan setahun terbentuk dan bersamaan dengan momen perayaan Hari Kartini.

Komunitas Main Cantik Indonesia hadir sebagai  wadah  para perempuan yang memiiliki hobi di seputar permotoran. Uniknya, mereka berasal dari berbagai latar belakang profesi. Perayaan satu tahun keberadaannya menjadi acara yang asyik.

Disebutkan, kelahiran Main Cantik Indonesia yang diinisiasi oleh Poppy Sovia, seorang public figure sekaligus motorcycle enthusiast memang mempunyai hubungan erat dengan peringatan Hari Kartini setiap tanggal 21 April. 

Baca juga :  MAX  Tour de Sulawesi: Menikmati Matic Maxi Yamaha Diantara Indahnya Panorama Makassar - Toraja

Pada perjalannya dalam satu tahun, Main Cantik Indonesia telah menjadi simbol pergerakan kalangan perempuan pehobi sepedamotor dalam kehidupan masyarakat.

Kegiatan bikers perempuan ini bukan sekadar menyalurkan hobi motoran, namun ikut tergugah untuk peduli terhadap sesama, lingkungan termasuk seni dan budaya serta olahraga.

Untuk memperingati satu tahun Main Cantik Indonesia sekaligus merayakan Hari Kartini 2024Cantik Beragam dengan Seragam” menjadi tema yang diangkat.  

Menurut Poppy Sovia, tema ini adalah untuk mengangkat keberagaman profesi wanita di Indonesia serta menebarkan semangat kebanggaan akan profesinya.

“Menunjukan kebanggan (pride) dari pekerjaan yang kita jalani sebagai perempuan di kehidupan sekarang ini, walau berbeda kita tetep saling mendukung satu sama lain (unity & respect ),”ujar Poppy.

Baca juga :  Mobility Gelar Jamnas Ke-4 dan Pecahkan Rekor Muri Uji Emisi Bersama

Acara Cantik Beragam dengan Seragam dilaksanakan pada Minggu (21/4/2024) diisi dengan sederet program menarik yang mempunyai hubungan antara hobi serta profesi.

Didukung para mitra seperti Belkote, Von Dutch, Fried Club dan Motovillage, para bikers perempuan dari berbagai kalangan mulai pegiat hiburan, atlit, karyawati hingga mahasiswi akan meramaikan acara ini.

Dimulai dengan city ride dari MotoVillage Kemang untuk mengitari jalanan Jakarta untuk kemudian finis di Fried Club Wijaya, Kompleks Wijaya Grand Center, Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

Bikers perempuan ini akan berkendara dengan menggunakan kostum sesuai profesi yang ditekuni perempuan di Indonesia

Baca juga :  Hut Ke-2 GCN Cikarang Kampanye Keselamatan Berkendara

“Nanti kita bikin workshop dan talkshow dengan beberapa  narasumber seperti Iva Sadilli, seorang fotografer yang sudah menjelajah mancanegara, lalu ada Wenny Nurwanti (atlit tembak berprestasi di Perbakin Tangsel sekaligus pelatih dan tentara wanita AU )  dan juga Marisya Wildania , atlit & influenser olahraga,” tambah Poppy. {PO/Mir}