JAKARTA – Berkendara pada malam hari tentu memiliki risiko yang cukup besar, bukan hanya risiko kecelakaan namun juga resiko akan kejahatan pembegalan.

Saat berkendara malam hari menggunakan motor tentunya kita ingin aman, nyaman dan selamat dalam perjalanan hingga tujuan.

Risiko apapun tidak ada yang pernah tahu, kecelakaan ataupun kejahatan tidak hanya terjadi malam hari, tapi siang juga bisa menimpa siapapun.

Bagi riders saat berkendara pada malam hari, berikut beberapa tips agar aman berkendara dan nyaman saat malam hari.

Baca juga :  Roy Jeconiah, Ajak Pengendara Motor Jangan Egois Saat Berkendara

Pastikan Kondisi Fisik dalam keadaan fit. Saat mengendarai motor dalam kondisi badan atau fisik kurang sehat tentunya sangat berbahaya, oleh sebab itu, baiknya pastikan fisik dalam kondisi sehat sebelum riding malam hari.

Dalam kondisi fisik yang kurang sehat saat riding malam badan akan lebih mudah lelah dan sakit, serta peluang terjadinya kecelakaan begitu besar, karena konsentrasi saat berkendara disaat – saat tubuh dalam keadaan jam tidur sangat mengurangi konsentrasi.

Hindari komsumsi Obat yang dapat menyebabkan ngantuk. Jika harus terpaksa riding malam dengan kondisi badan kurang sehat, hindari minum obat yang mudah menimbulkan kantuk.

Baca juga :  Doyan Touring Berkelompok, Simak Tips Keselamatan Berkendara Berikut Ini

Jika obat tersebut harus diminum, usahakan minum 3 jam sebelum berangkat mengendari motor.

Ajak teman bila harus terpaksa melakukan perjalan tengah malam, terlebih bila jarak yang ditempuh cukup jauh dan melalui jalan yang sepi.

Dengan membawa teman atau ada rekan yang satu arah, jika terjadi hal yang tidak diinginkan paling tidak ada yang dapat membantu.

Jangan Membawa Barang Terlalu Banyak. Saat pulang kerja malam hari, usahakan jangan membawa barang terlalu banyak. Jika harus pulang membawa perlengkapan kerja seperti laptop, usahakan jangan terlalu mencolok untuk menghindari tindak kejahatan. [Po/Adhi]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *