JAKARTA – Memiliki motor dengan tampilan yang apik dan rapih tentu menjadi kebanggaan sendiri bagi pemiliknya. Dengan tampilan cat atau bodi motor yang kinclong akan lebih sedap dipandang mata.

Supaya tampilan bodi motor tetap kinclong dan bersih ada dua cara yakni dengan rajin mencuci dan memoles cat motor. Tahukah kamu, memoles bodi motor tidak bisa sembarangan, supaya warna cat tetap terjaga dan tidak mudah kusam.

Buat kamu yang mau memoles motor kamu, berikut tips cara memoles motor yang benar supaya tidak merusak cat.

Langkah pertama mencuci motor terlebih dahulu sebelum dipoles. Tujuannya supaya tidak ada pasir atau kotoran yang menempel pada cat, supaya tidak menimbulkan goresan saat dipoles.

Baca juga :  Di Hari Pelanggan Nasional Suzuki Adakan "Victory Campaign"

“Untuk menghindari goresan, sebelum dipoles, sebaiknya motor dicuci terlebih dahulu supaya pasir atau kotoran yang menempel di bodi motor terbuang,” saran Dani Haryono selaku Vehicle Repair and Maintenance Division Henkel Indonesia, saat peluncuran WX 180, beberapa waktu lalu di SCBD Jakarta Selatan.

Lanhkah kedua, jangan memoles motor terkena sinar matahari langsung, supaya obat poles tidak cepat kering dan hasilnya lebih makasimal.

“Memoles yang benar jangan terkena sinar matahari langsung, usahakan di teras cari tempat yang teduh. Kalau di tempat yang terik, obat polesnya akan lebih cepat kering atau menggumpal, kalau kalau sudah menggumpal susah untuk diratakan,” tambah Dani.

Baca juga :  55 Bengkel Siaga Wuling Sambut Mudik 2024, Ada Pengisian Daya Mobil Listrik

Langkah ke tiga, oleskan obat poles mengggunakan tanggan secara merata, akan tetapi jangan langsung diolesi semua, misalkan bagian samping kiri terlebih dahulu lalu bagian kanan.

Setelah diolesi obat piles secara merata, gosok menggunakan lap yang lebut atau microfiber secara perlahan dan merata, jangan terlalu ditekan.

“Kalau poles motor cukup pakai tangan dan menggunakan lap microfiber saja, karena kalau motor itukan ada lekukan lekukan, jadi cukup pakai tangan saja tidak perlu pakai mesin,” saran Dani lagi.

Baca juga :  Gentleman’s Party DGR Jakarta 2018, Donasikan Dana Bagi Riset Kangker Prostat

Selanjutnya jika sudah dipoles menggunakan, langkah terakhir lap menggunakan kain microfiber lagi tanpa harus menggunakan obat poles lagi, tujuannya untuk membersihkan sisa-sisa obat poles yang masih menempel di bodi motor. [Po/Adhi]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *