CINA – Harley Davidson (HD) berkolaborasi dengan perusahaan QianJiang Motorcycle Co. produsen motor asal Cina untuk mengembangkan sepeda motor berkapasitas mesin 338 cc.

Rencana kolaborasi ini masih dalam proses pengembangan, namun dikabarkan pada tahun 2020 HD bermesin kecil ini akan mulai dipasarkan.

Nantinya motor model Scrambler parallel-twin berpendinginan cairan ini akan diproduksi di fasilitas Qianjiang Motorcycle Company Limited di Cina. Langkah ini diambil oleh HD dengan melihat begitu besarnya pertumbuhaan pasar sepeda motor di negeri Cina tersebut.

Baca juga :  BMW Astra dan Komunitas Harley-Davidson Rayakan HUT RI Ke-74

Menurut data penjualan HD di Cina, tercatat penjualannya tumbuh sebesar 27% jika dibandingkan data penjualan pada tahun 2017.

“Road Plan kami membawa merek kebebasan ke lebih banyak orang, lebih banyak tempat, dengan banyak cara. Kami tertarik untuk membangun banyak pengendara Harley di Cina, sebagai pasar terbesar di dunia, dan jalur baru bagi pasar kami.” ujar Matt Levatich Presiden Harey-Davidson.

Sesuai dengan rencana HD, kerjasama ini dilakukan dengan menunjuk QianJiang sebagai basis dari sistem suplai dengan melihat pengalamannya memproduksi sepeda motor premium berkapasitas kecil. Saat ini QianJiang telah juga memiliki saham di Benelli, sepeda motor pabrikan asal Italia.

Baca juga :  BMW Motorrad Days 2019 di Bali Jadi Ajang Peluncuran BMW C400 GT

Selain itu, pabrikan motor Amerika itu memang memiliki  rencana untuk meningkatkan pasar internasionalnya hingga 50% di 2027.

Saat ini Qiajiang merupakan salah satu produsen motor terbesar di Tiongkok yang telah mampu memproduksi 1,5 juta motor dalam setahun, meskipun nyatanya luas pabrik produksi Qiajiang hanya 13 hektar.

Untuk saat ini, HD berkasitas cc kecil ini masih dalam bentuk prototipe, kabarnya hasil kolaborasi kedua perusahaan tersebut akan hanya dipasarkan terlebih dahulu di Cina, bila respon pasar terlihat baik, HD juga akan menyasar pasar Asia lainnya. [Po/Ajr]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *