JAKARTA – Mesin BMW Motorrad terkecil di seri G310 direncakan akan menggunakan katup variabel yang dapat disesuaikan. Sistem variable valve timing (VVT) dan sistem lift diyakini dapat mengurangi emisi dan meningkatkan efisiensi.

BMW Motorrad kini dikabarkan akan mengimplementasikan sistem katup variabel pada mesin G310 series. Berita tersebut berasal dari dokumentasi paten yang bocor ke publik, lapor rushlane.com.

Mesin BMW TVS 310/330 saat ini adalah mesin satu silinder berpendingin air 313cc yang menghasilkan tenaga maksimum 34 hp dan torsi puncak 28 Nm. Saat dilengkapi dengan Shift Cam, torsi maksimum dicapai pada putaran mesin sedang dan tinggi. Efisiensi mesin juga tercapai 

Baca juga :  Promo Gila-gilaan Ducati Indonesia, Diskon Hingga Rp80 Juta

Hingga saat ini BMW Motorrad belum memberikan konfirmasi resmi mengenai apakah mesin G310 Series akan dilengkapi dengan katup variabel atau tidak. Namun, beberapa laporan dan spekulasi menyarankan bahwa mesin baru ini kemungkinan akan dilengkapi dengan teknologi katup variabel.

Teknologi katup variabel memungkinkan mesin untuk mengatur aliran udara dan bahan bakar yang lebih baik, sehingga meningkatkan efisiensi bahan bakar dan tenaga mesin. Dengan katup variabel, mesin dapat mengatur bukaan katup secara otomatis, sehingga memungkinkan aliran udara yang lebih besar saat dibutuhkan, dan aliran udara yang lebih kecil saat diperlukan.

Baca juga :  Ninja ZX-25R 4 Silinder Bakal Masuk Indonesia, Ini Faktanya!

Jika mesin BMW Motorrad G310 Series benar-benar dilengkapi dengan teknologi katup variabel, maka ini akan menjadi fitur yang sangat diapresiasi oleh pengendara sepeda motor. Mesin dengan teknologi katup variabel biasanya lebih efisien dan bertenaga, yang dapat meningkatkan performa dan kinerja sepeda motor.

Namun, sampai saat ini, belum ada konfirmasi resmi dari BMW Motorrad mengenai apakah mesin G310 Series akan dilengkapi dengan teknologi katup variabel atau tidak. Sehingga, kita masih harus menunggu untuk melihat apakah spekulasi tersebut benar-benar terbukti.[Po/Byn]