SERPONG – Di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang berlangsung di ICE, BSD, Tangerang. PT Astra Honda Motor (AHM) resmi mengumumkan kehadiran Honda ADV150 untuk para pecinta skutik bergenre adventure di Indonesia.

Kehadiran Honda ADV150 tampil menggoda. hal ini terlihat dari body kokoh dan garang. Bagaimana dengan performanya? setelah sehari resmi diluncurkan Kamis (18/7), PT AHM memberikan kesempatan kepada para rekan jurnalis termasuk dari Pojokoto.com untuk sejenak merasakan first impression ADV150.

Lokasi test ride berlangsung Jumat (19/7), di area pakir The Spring Hills, Gading Serpong. Walaupun dengan kondisi test ride, trek yang digunakan tidak terlalu jauh. Namun setidaknya ini cukup untuk sejenak menjawab rasa penasaran para jurnalis merasakan kenyamanan dan performa ADV150.

Dalam test ride ini, PT AHM mensimulasikan area test ride dalam beberapa kondisi jalan, mulai dari trek lurus untuk mencoba performa kecepatan, tanjakan, speed trap serta simulasi trek zig-zag untuk merasakan kondisi saat ADV150 dibawa bermanuver.

Kesan pertama riding posision saat melakukan test ride, jok ADV150 terbilang cukup nyaman dengan kondisi jok motor low ride, dimana posisi penumpang belakang lebih tinggi dari pengendara di depanya.

Baca juga :  KMI Optimis dapat Penuhi Kebutuhan Ekspor dan Domestik

Pada pijakan kaki juga terbilang cukup, dengan tinggi 170cm. Ruang pijakan kaki ADV150 yang tersedia cukup nyaman membuat pengendara menempatkan kaki pada posisi ditekuk ataupun menyelonjorkan kakinya, tanpa menyisakan ruang kosong ditengah motor, sebab terdapat console tangki bensin di posisi tengah. Tentunya kenyamanan ini sangat berpengaruh bagi pengedara ketika akan melakukan perjalanan jauh.

Sedangkan bila bicara performa, Honda ADV150 mengusung mesin 150 cc, 4-tak, pendingin cairan dengan teknologi eSP. Tarikan terasa responsif saat ditest di jalur lurus begitu pula saat melintasi jalur menanjak, memang diatas kertas mesin ADV150 mampu menghasilkan tenaga 14,3 dk/8.500 rpm dan torsi 13,8 Nm/6.500 rpm.

Ground clearance ADV150 memiliki tinggi 165mm, setidaknya lebih tinggi dari PCX, saat dibawa bermanuver melewati jalur cone yang dibuat zig-zag tak terdengar gesekan body bawah dari ADV150, ini karena AHM mendesainnya sebagai skutik Adventure.

Baca juga :  Berikut Juara Ajang Kompetisi Siswa Terbaik PT AHM

Selain itu ADV150 juga cukup lincah dibawa meliuk – liuk melawati rintangan jajaran cone yang disimulasikan guna menghadapi kepadatan di jalan raya. Handlingnya enteng dan gesit saat diajak rebah dengan kemiringan ekstrem ADV150 tetap stabil walaupun memiliki body yang cukup besar.

Saat dikendarai melalui jalur speed trap, didukung shockbreaker tabung showa dan ban mengunakan semi dual purpose, ban depan 110/80 dan belakang 130/70. Getaran pada ADV150 terasa cukup teredam dengan baik dan stabil. Honda R & D Southeast Asia, Kazuya Minowa, mengatakan pemilihan ban belakang lebih besar ini dimaksudkan agar ADV150 bisa mendapatkan traksi lebih baik saat melewati kondisi jalan tidak mulus, sesuai genrenya sebagai motor adventure.

Twin subtank rear suspension ADV150 memberikan kenyamanan dan kestabilan yang optimal pada saat menikung, melalui jalan bergelombang dan speed bump.

Sisi penyimpanan Honda membekali ADV150 dengan bagasi 28 L, sanggup untuk menaruh jaket dan sebuah helm. pada posisi di bagian depan kiri bawah stang terdapat kompartemen penyimpanan dengan soket 12V untuk mengisi daya smartphone Anda.

Baca juga :  Vespa 75th Anniversary Limited Edition Resmi Meluncur, Jangan Kaget Harganya Segini

Seluruh pencahayaan dari ADV150 sudah mengusung LED termasuk DRL (daytime running lights) pada sisi instrument panel sepenuhnya telah mengunakan digital, tentu ini akan menjadi daya Tarik tersendiri bagi para pecinta skuter matik di tanah air.

Honda ADV150 juga telah dilengkapi fitur ISS (idling stop system) untuk menghemat BBM, PT AHM mengeklaim konsumsi BBM ADV150 mencapai 46,6 km/liter.

PT AHM membandrol ADV150 non-ABS seharga Rp 33,5 juta, sedangkan untuk harga ADV150 ABS dipasarkan Rp 36,5 juta, tentu dengan harga yang cukup kompetitif. Dengan keungulan yang ditawarkan ADV150 bisa menjadi pilihan menarik untuk pasar skutik di Indonesia. [Po/Byu]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *