CIKARANG – Sepuluh pembalap muda berhasil melewati tahap seleksi untuk bergabung dengan program pembinaan balap Astra Honda Racing School (AHRS) tahun 2024, sebuah kesempatan yang dinantikan oleh banyak calon pembalap potensial.

Proses seleksi yang ketat telah berlangsung di Cikarang, Jawa Barat, dan telah menyeleksi 10 pembalap dari berbagai wilayah sebagai siswa AHRS, membuka jalan bagi mereka untuk mengejar impian mereka dalam dunia balap.

Para peserta yang berusia sekitar 10-14 tahun ini akan dibina untuk menjadi pembalap berprestasi yang mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah balap internasional. Antusiasme dari para pecinta balap muda cukup tinggi, terbukti dengan jumlah pendaftar yang mencapai 102 orang pada tahap awal seleksi. Dari jumlah tersebut, 48 peserta dari 16 provinsi telah dipilih untuk mengikuti tahap seleksi berikutnya di Astra Honda Safety Riding & Training Center Deltamas, Jawa Barat.

Melalui serangkaian ujian yang ketat, 24 pembalap terpilih untuk kemudian dilanjutkan ke tahap seleksi kedua, di mana 16 pembalap berhasil lolos. Seleksi akhir kemudian menghasilkan 10 pembalap terbaik yang akan menjadi siswa AHRS. Proses seleksi ini menjadi lebih istimewa dengan kehadiran Gerry Salim, seorang pembalap lulusan AHRS yang telah meraih berbagai prestasi di Grand Prix, yang turut serta dalam proses seleksi untuk memastikan hanya yang terbaik yang terpilih.

Baca juga :  Fisichella Pecundangi Dominasi Pebalap Pria di Indoclub Seri 4

Salah satu dari pembalap yang berhasil lolos, Sean Delbert Jeremia Warikar, menyampaikan rasa syukurnya dan kebanggaannya karena berhasil berasal dari Biak, Papua, sebuah daerah yang jauh dari tempat seleksi. Dia berharap dapat belajar banyak dari AHRS dan meningkatkan prestasinya dalam balapan.

“Saya sangat senang dapat lolos seleksi dan bergabung di Astra Honda Racing School 2024. Saya juga merasa bangga karena berasal dari Biak, Papua, salah satu daerah terjauh dibanding teman-teman yang mengikuti seleksi ini. Semoga saya bisa belajar banyak dari Astra Honda Racing School dan tentunya dapat lebih baik lagi dalam mengukir prestasi, ” ujar Sean Delbert Jeremia Warikar.

Baca juga :  Kisah Perjuangan Pebalap AHM Indonesia di Seri Perdana ATC 2021

AHRS, sebagai bagian dari upaya Astra Honda Motor (AHM) dalam membina bakat-bakat balap Indonesia, dianggap sebagai landasan penting dalam program pembinaan balap berjenjang yang bertujuan untuk mencetak pembalap-pembalap unggulan yang dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Selain memberikan pelatihan di lintasan balapan, AHRS juga memberikan pemahaman dasar tentang manajemen balap dan komunikasi dengan tim dan publik kepada siswanya, hal ini dianggap sebagai modal penting saat mereka terjun ke dunia balap profesional. Para siswa akan menggunakan motor NSF100 untuk latihan harian, yang dipadukan dengan CRF150R untuk mengasah kemampuan mengendalikan kecepatan. Mereka juga akan mendapatkan bimbingan dari instruktur balap nasional.

Selain itu, AHM juga menyelenggarakan program latihan komprehensif lainnya, termasuk latihan fisik, mengendarai motor trail di arena flat track, dan ujian mental melalui Honda Dream Cup. Semua ini bertujuan untuk membentuk mentalitas dan perilaku yang tangguh pada siswa AHRS. Sebagai bagian dari upaya ini, para siswa juga akan mendapatkan peningkatan standar fisik dengan latihan yang mengikuti pola latihan pembalap kelas dunia dari Eropa, di bawah bimbingan para pelatih profesional.

Baca juga :  Putaran Final WorldSSP 300, Dua Pebalap YRI Siap All Out

Sejak berdiri pada tahun 2010, AHRS telah membuktikan kesuksesannya dengan meluluskan ratusan pembalap yang kini bersaing di kancah balap Asia dan dunia. Alumni terkenal seperti Veda Ega Pratama, Mario Suryo Aji, Fadillah Arbi Aditama, Andi Farid Izdihar, dan Gerry Salim terus mengharumkan nama Indonesia di panggung internasional. AHRS tetap menjadi pilar utama dalam upaya AHM untuk membina bakat-bakat balap terbaik di Indonesia. [Po/Byn]

Siswa AHRS 2024

NoNamaAsal Kota
1Sean Delbert Jeremia WarikarBiak
2Geraldo Tristan ReganSamarinda
3Davino BritaniTanggerang
4Alvaro Yakha NantaTulungagung
5Bintang Pranata SukmaTangerang
6Satria Tegar BijaksanaSleman
7M. Maulana Malik IbrahimSampang
8Resky Yusuf HermawanSemarang
9Juna Oktavian PutraBandung
10Mohamad Akbar NavezzaBandung